Pengertian Nodus Ranvier - Fungsi Beserta Strukturnya

Pengertian Nodus Ranvier

Mediawana.com - Nodus Ranvier adalah bagian atau titik pada akson yang tidak terbungkus selubung mielin. Apakah kamu tau? Bahwa Nodus Ranvier memiliki diameter sekitar 1 mikrometer loh. Nodus Ranvier ditemukan oleh Louis-Antoine Ranvier.

Pengertian Nodus Ranvier

Selain itu selubung mielin berfungsi untuk melindungi akson dan membungkusnya, ya mirip-mirip seperti pembungkus kabel listrik yang bersifat isolator. Akan tetapi selubung tersebut tidak membungkus secara keseluruhan (semuanya), dan yang tidak terbungkus oleh selubung mielin adalah Nodus Ranvier. 

Oiya, apa sih yang dimaksud dengan akson?

Akson sendiri adalah bagian neuron yang berfungsi untuk menghantarkan impuls dari akson ke sel neuron yang lain menuju saraf pusat yang nantinya akan direspon menjadi suatu gerakan.

Nodus Ranvier berfungsi untuk mempercepat impuls saraf. Bagaimana bagian nodus Ranvier dapat mempercepat impuls pada saraf? Nodus ranvier berfungsi untuk mempercepat transmisi impuls saraf. 

Adanya nodus ranvier ini memungkinkan saraf melompat dari satu nodus ke nodus lain, sehingga impuls lebih cepat sampai pada tujuan.

Itulah informasi singkat mengenai Pengertian Nodus Ranvier.

Baca Lainnya : Pengertian Kondensasi


Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال