Pengertian Triploblastik, Ciri-ciri Beserta Contohnya


Mediawana.com - Triploblastik adalah tiga lapisan tubuh yang menyusun tubuh hewan yang terdiri dari ektoderm (lapisan luar), mesoderm (lapisan tengah), dan endoderm (lapisan dalam).

Pengertian Triploblastik

Triploblastik merupakan kondisi gastrula yang mana terdapat tiga lapisan benih utama yaitu ektoderm, mesoderm, dan endoderm. 

Sel - sel germinal disisihkan dalam embrio pada tahap blastula, yang dimasukkan ke dalam gonad selama proses organogenesis. Lapisan germinal terbentuk selama gastrulasi blastula.

Hewan triploblastik terdiri dari apa saja?

Hewan triploblastik adalah Annelida (cacing tanah dan lintah), Mollusca (kerang-kerangan), bintang laut, dan Arthropoda.

Contohnya Annelida, Mollusca, Arthropoda, Echinodermata, dan Vertebrata. Hewan yang memiliki tiga lapisan germinal dikenal sebagai hewan Triploblastik.

Apa saja hewan triploblastik selomata?

3 contoh hewan triploblastik selomata yaitu mollusca, arthropoda, dan annelida.

Ciri-ciri Triploblastik

Hewan triploblastik mempunyai 3 lapisan lembaga, yaitu ektoderm (lapisan luar), mesoderm (lapisan tengah) dan juga endoderm (lapisan dalam). 

Aselomata, yaitu hewan yang belum mempunyai rongga tubuh, yang artinya adalah tubuhnya padat tanpa rongga antara usus dan tubuh terluar. 

Pada hewan semacam ini mesoderm membentuk suatu struktur yang kompak dan kompleks sehingga selom (rongga tubuh) tidak terbentuk. Contoh Aselomata, yaitu Platyhelminthes atau cacing pipih.

Hewan Triploblastik dapat dibedakan berdasarkan rongga tubuh (selom) yaitu.

  • Aselomata adalah hewan yang memiliki tubuh padat tanpa rongga diantara usus dan tubuh terluar. Misalnya seperti aselomata adalah Platyhelminthes.
  • Pseudoselomata yaitu hewan yang mempunyai rongga dalam saluran tubuh dan rongga tersebut berisi cairan yang memisahkan alat pencernaan dari dinding tubuh terluar. Contohnya seperti hewan pseudoselomata adalah Rotifera dan Nematoda.
  • Selomata adalah hewan yang memiliki rongga tubuh yang berisi suatu cairan dan memiliki batas yang berasal dari suatu jaringan mesoderm. Lapisan dalam dan luar dari jaringan hewan ini mengelilingi pada rongga serta menghubungkan dorsal dan ventral membentuk mesentron. Misalnya seperti hewan selomata adalah Mollusca, Annelida, Arthropoda, Echinodermata dan Chordata.

Itulah informasi singkat mengenai Pengertian Triploblastik.


Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال