Pengertian Sudut Elevasi | Sudut Elevasi Adalah

Pengertian Sudut Elevasi

Mediawana.com - Pengertian Sudut Elevasi apa itu Sudut Elevasi? Sudut elevasi adalah ketinggian sudut dari matahari di langit dihitung dari horizontal. Dan biasa juga disebut dengan sudut ketinggian.

Nah. Ketinggian dan elevasi juga digunakan untuk menjelaskan ketinggian dalam satuan meter dari permukaan laut sehingga dapat mengakibatkan kebingungan.

Masih bingung? Coba simak kembali informasi berikut.

Pengertian dari sudut elevasi sendiri merupakan sudut yang terbentuk antara garis lurus mendatar dengan posisi pengamat ke atas. 

Sementara pengertian sudut depresi yaitu sudut yang terbentuk antara garis mendatar dengan posisi pengamat pada bab bawah. Untuk mempermudah, Anda bisa memperhatikan ilustrasi gambar berikut.

Sudut elevasi adalah

Pada pengamatan ilustrasi diatas, besarnya sudut elevasi dan sudut depresi ini sama. Sekarang apa kegunaan sudut elevasi dan sudut depresi dalam kehidupan sehari-hari?

Kegunaannya adalah sudut elevasi dan sudut depresi dalam kehidupan sehari-hari yaitu untuk mempermudah dalam pengukuran. 

Misalnya untuk mengukur ketinggian dari sebuah gedung, sangat mustahil jika kita merentangkan meteran dari puncak gedung sampai kedasar gedung. 

Berikut contoh dan pembahasan sudut elevasi dan sudut depresi.

Puncak menara diamati dari titik tertentu dengan sudut elevasi 60°. Jika jarak dari titik pengamatan ke kaki menara 600 meter, maka tinggi menara tersebut adalah?

Pada soal diketahui puncak sebuah menara diamati dari jarak 600 meter dari menara dengan sudut elevasi 60°

tan 60° = tinggi menara : jarak pengamat ke menara

tan 60° = tinggi menara : 600m

√3 = tinggi menara : 600 m

tinggi menara = 600√3 m

Jadi tinggi menara tersebut adalah 600√3 m. 

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال