Apa Yang Dimaksud Dengan Sporofit? - Sporofit Adalah


Mediawana.com - Pengertian Sporofit. Sporofit adalah fase makhluk hidup, di mana dalam fase ini pembentukan spora. 

Pengertian Sporofit

Fase ini dalam siklus hidup tanaman adalah aseksual, generasi ini tunduk pada spora sayuran, menyajikan sel -sel diploid. Ini berarti bahwa sel -sel nabati dari generasi ini atau fase ini memiliki dua set kromosom dalam sel mereka.

Jelasnya begini, Apa yang kita dengar dengan sporofit adalah generasi tanaman yang menghasilkan spora. Sporofit adalah generasi multiseluler, diploid yang diproduksi selama perubahan generasi tanaman dan ganggang.

Dimulai dari Diploid Zygote dan memproduksi spora haploid di spora oleh meiosis. Beberapa organisasi menghasilkan homospora sementara yang lain menghasilkan heterospora yang disebut microspores dan megaspora. 

Spora ditambahkan untuk menghasilkan gametofit. Perkecambahan mikrospora menghasilkan mikrogametofit dan megaspora menghasilkan megagametofit.

Jadi selama evolusi, stadion sporofit menjadi dominan bahwa gametofit. 

Tanaman non - vaskular primer seperti bryophyta terdiri dari sporofit yang bergantung sepenuhnya pada gametofit. 

Di Pteridophyta, gymnospermae dan angiospermae, sporofit adalah stadion dominan. Sporofit dominan dapat dibagi menjadi akar, batang dan daun.

Pusing nih min?. Ya namanya juga belajar, pasti pusing dulu. Oke kita persingkat aja, biar mudah dipahami.

Istilah sporofit sendiri disebut tanaman yang menghasilkan spora, definisi ini sebenarnya lebih rumit dan menarik. Kok bisa?

Karena dalam siklus hidup tanaman, fase produksi spora disebut sporofit. Ada dua tahap reproduksi pada tanaman: generatif dan vegetatif. 

Berkat proses meiosis dan pemupukan, perubahan generasi untuk membeli dua fase sporofit dan gametofit ini. 

Untuk memahami siklus hidup tanaman secara jelas, sporofit adalah fase di mana tanaman menghasilkan spora diploid (2N).

Yang pada gilirannya (spora) berkembang dalam gametofit. 

Selama stadion gametofit, gamet haploid (N) atau sel reproduksi seperti sp3rm4 dan telur dikembangkan. 

Telur dibuahi oleh sp3rm4 dan berubah menjadi sporofit.

Berikutnya adalah contohnya, coba simak selengkapnya biar kamu lebih paham.

Tanaman yang memiliki sporofit diklasifikasikan atau dikategorikan sebagai tanaman non-vaskular dan vaskular.

  • Tanaman non-vaskular
  • Tanaman vaskular

Tanaman non -vaskular

Ini mengacu pada tanaman yang tidak memiliki sistem pembuluh darah seperti xilem dan phloème - mereka berasimilasi dengan sistem sirkulasi dalam tubuh manusia. 

Sebaliknya, mereka memiliki jaringan yang lebih sederhana yang bekerja dalam transportasi internal air yang efektif.

Bryophyta

Bryophyta terdiri dari busa asli, busa hati, dan mousse tanduk. Tanaman ini terutama gametofit haploid dengan potongan diploid yang melekat pada tanaman yang terbuat dari spoy dan batang.

Ganggang

Alga hijau, merah dan coklat mengikuti perubahan dalam generasi gametofit pada generasi sporofit. Dalam beberapa ganggang, sporofit dan gametofit sama, tetapi beberapa ganggang hijau dan coklat berbeda.

Tanaman Vaskular Tanpa Biji

Tanaman vaskular bebas pensil memiliki balok pembuluh darah, tetapi mereka tidak menghasilkan biji. Siklus hidup mereka bergantian antara fase sporofit diploid dan gametofit haploid. Panggung Gametophyte juga membutuhkan air untuk motilitas sp3rm4 selama produksi gamet. Mereka biasanya berada di tempat yang lembab. Mereka mungkin merasakan reproduksi generatif melalui sedikit spora haploid, adaptasi yang memungkinkan mereka untuk menjajah daerah lain.

Ekor Kuda

Juga disebut Equisetum, Ekor kuda adalah satu -satunya spesies yang masih ada dari genus Equisetaceae. Jadi ini dianggap sebagai kehidupan fosil. Spora diproduksi dalam strobili oleh proses sporangiogenesis. Pelatihan sporofit diamati oleh mata sedangkan gametofit bersifat mikroskopis.

Pakis

Pakis adalah sekelompok tanaman yang direproduksi menggunakan spora. Ada lebih dari 10.000 spesies hidup yang termasuk dalam kelompok ini. Tidak seperti busa, mereka memiliki kapal transportasi, daun dan batang. Sporofit pakis umumnya lebih besar dari gametofit yang hidup bebas.

Tumbuhan Vaskular berbiji

Tanaman vaskular berbiji mempunyai xilem dan floem untuk transportasi nutrisi dan air. Mereka memiliki kemampuan alami untuk menghasilkan biji atau embrio yang dibuahi yang dikelilingi oleh jaringan nutrisi yang dikenal sebagai kulit biji.

Gymnospermae

Gymnospermae adalah sekelompok sol dengan sol yang belum berkembang. Mereka termasuk tanaman seperti tanaman raungan (pinus), ginkgo, sikas dan gnitofita. 

Siklus hidup Gymnosperma juga ditandai dengan perubahan perkecambahan. Siklus hidup gymnosperma ditandai dengan fase sporofit dan gametofisik. 

Hanya saja, gimnosperma dominan dalam fase olahraga, sedangkan adegan gametofisika pendek. Konifer menghasilkan dua jenis spora - mikrospora dan megaspora - yang diproduksi dalam serbuk sari Rujung.

Angiospermae

Angiospermae adalah yang paling melimpah dari semua jenis tanaman. Mereka terdiri dari tanaman bunga yang menghasilkan gamet jantan dan betina. 

Meiosis pada kelompok ini menghasilkan dua jenis spora yang meliputi microspores (pria) dan megaspora (wanita). 

Nukleus mégaspora tahu mitosis untuk menghasilkan sel telur yang akan memicu generasi sporofit: dua sel sinergis, sel sentral besar dan tiga sel antipodal. 

Pada tanaman pendukung biji vaskular, sporofit terbuat dari seluruh tubuh tanaman dengan pengecualian kantong embrionik dan serbuk sari.

Itulah informasi Pengertian Sporofit. Sporofit adalah fase makhluk hidup, di mana dalam fase ini pembentukan spora.

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال