Pengertian Aplikasi Scratch Dalam Pendidikan

Pengertian Aplikasi Scratch Dalam Pendidikan

Mediawana.com - Pengertian Aplikasi Scratch Dalam Pendidikan, apa itu aplikasi Scratch? Aplikasi Scratch Adalah  sebuah aplikasi pemrograman visual dalam pendidikan untuk lingkungan pembelajaran yang dipelajari bagi murid, guru, pelajar, atau orangtua untuk belajar membuat program tanpa harus menggunakan bahasa program, karena aplikasi scratch menggunakan visual dalam pengggunaanya. 

Aplikasi Scratch ini dibuat dan dikembangkan oleh Lifelong Kindergarten Group dari MIT Media Lab dari Massachusetts Institute of Technology. Dengan Aplikasi Scratch, pengguna dapat membuat sendiri animasi, permainan, karya kesenian, dan lain-lain.

Nah buat Anda sebagai orang tua wajib nih, kenalkan aplikasi Scratch pada anak untuk belajar pemograman visual ini.

Menurut beberapa sumber dan situs resminya mengatakan dengan menggunakan aplikasi scratch mampu membuat logika anak berkembang dan melatih otak kanan dan kiri.

Hanya sebagian sekolah saja loh yang mempelajari aplikasi ini. Maka dari itu, Anda sebagai orang tua wajib nih, kenalkan kepada Anak.

Tenang, Aplikasi ini tidak berbayar ya. Alias Grattttiiss. Ayo coba latih anak Anda dengan dan kenalkan aplikasi scratch.

Aplikasi Scratch Dalam Pendidikan

Siswa belajar dengan Scratch di semua tingkatan mulai dari sekolah dasar hingga perguruan tinggi dan lintas disiplin (seperti matematika, ilmu komputer, seni bahasa, studi sosial). Sumber daya pendidik.

Aplikasi ini memang belum terlalu populer di indonesia namun eksis di luar negeri.

Indonesia sendiri sedang melakukan upaya untuk memperbaiki pembelajaran terhadap anak. Saat ini semua buku sekolah pada Kurikulum terbaru (K-13) sudah mempelajari aplikasi Scratch.

Kelebihan dan Kekurangan Aplikasi Scratch

Berikut ini mengenai kelebihan dan kekurangan aplikasi scratch

KELEBIHAN :


1. Banyak pilihan latar, dan gambar

2. Dilengkapi dengan audio, dan dapat merekam suara

3. Dapat membuat cerita ataupun game

4. Ada pilihan bahasa

KEKURANGAN :


1. Latar atau gambar ada beberapa yang diinginkan tidak lengkap

2. Terlalu sulit menggunakannya, tenang biasanya ada dokumentasinya.

Perlu diingat, jika Anda mempelajari aplikasi ini merupakan arah yang bijak, selain dapat melatih anak dengan logika, tau engga sih. Logika itu ada dimana, pastinya dalam matematika, kehidupan, ekonomi, programmer dan sebaginyanya loh. 

Maka dari itu, penyesuaian terhadap pembelajaran itu sangat penting.

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال