5 Alasan Mengapa Sistem Blended Learning Sangat Penting

Sistem Blended Learning

Mediawana.com - Blended Learning adalah metode pembelajaran yang dilakukan dengan cara menggabungkan atau mengombinasikan sistem pendidikan konvensional dengan sistem pendidikan berbasis digital (Teknologi).

Pengertian Blended Learning

Belakangan ini sudah sering kali kita temui istilah blended learning pada dunia pendidikan dan sebagainya. Tapi tau engga sih, apa itu blended learning? Blended Learning adalah dimana metode pembelajaran di satukan dengan dengan campuran teknologi.

Ya benar sekali, contohnya seperti yang biasanya anak-anak mengerjakan ujian diatas kertas, pada metode blended learning anak-anak mengerjakan soal menggunakan laptop, komputer, smartphone dan sebagainya. 

Pada dasarnya penggunaan blended learning ini akan memudahkan tugas guru dan siswa, bagaimana tidak, jika seorang guru menggunakan tablet atau laptop untuk melakukan ujian soal pada siswanya, maka jika siswa sudah selesai mengerjakan soal tersebut nilat akan menghitung secara otomatis, jadi guru hanya melihat nilainya saja, tanpa harus ribet untuk mengoreksi.

selain itu penggunaan blended learning juga sangat efiensi dan ringkas dalam penggunaannya, seperti presentasi kegiatan belajar, presentasi anatomi pada sel tumbuhan dan sebagainya menggunakan bantuan proyektor.

Dan lain sebagainya.

Pentingnya Menggunakan Metode Blended Learning

1. Pembelajaran menjadi lebih fleksibel

Manfaat yang pertama yaitu murid tidak melulu datang ke kelas. Pembelajaran bisa diakses melalui internet. Dengan begitu murid akan lebih mudah dalam memilih waktu dan tempat belajar mereka. Hal ini akan membuat murid merasa lebih nyaman ketika bisa belajar di waktu dan tempat yang menurutnya efektif.

2. Menciptakan pengalaman belajar yang interaktif

Internet membuat segalanya menjadi mudah dan menarik. Media pembelajaran dapat disesuaikan dengan cara belajar masing-masing murid, ada yang lebih menyukai bentuk materi berupa video interaktif/ilustrasi/penjelasan dari guru, baca buku/e-book, atau mendengarkan podcast. 

3. Efektif

Kegiatan mengajar memang ada yang berbeda tergantung sikap dan kondisi. Ada yang lebih nyaman belajar di tempat yang tenang dan nyaman, ada yang harus menggunakan musik, belajar malam atau pagi ataupun lebih nyaman dan mengerti jika menggunakan video interaktif. 

4. Efisien dan hemat

Selain efektivitas, belajar dengan metode ini juga akan menjadi lebih efisiensi. Pembelajaran seperti ini akan membuat menghemat waktu karena murid tidak perlu pergi ke mana-mana untuk belajar, murid juga tidak mengeluarkan biaya transportasi untuk pergi ke sekolah.

5. Menyenangkan

Ya, tentu saja metode ini sangat menyenangkan, apa lagi untuk anak-anak. Selain dapat bermain game sambil belajar, terdapat video dan animasi interatif yang akan  membuat anak cepat mengerti dengan materinya.

Menggunakan metode seperti ini bukanlah hal yang wajib, namun efiensi dan efektivitas dalam pembelajaran, mengingat sekarang dimana jaman sudah banyak sekali teknologi dimana-mana.

Cara seperti ini bukanlah hal yang wajib, paling tidak nantinya anak akan mengerti cara menggunakan dan berinteraksi dengan teknologi mereka, tentu saja harus ada pendampingan ya, baik orang tua atau guru selalu dampingi agar tidak terlalu lama dalam menggunakannya, dan terus batasi aktivitasnya.

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال