Bahaya Penggunaan WIFI Publik - Umum


Mediawana.com - Penggunaan WiFi publik bagi sebagian orang dapat diibaratkan secangkir kopi saat ngantuk. 

Fasilitas yang kerap ditemui di cafe, stasiun, bandara, terminal bahkan taman sudah biasa kamu manfaatkan untuk bekerja maupun sekedar menghemat kuota. 

Meskipun memiliki banyak manfaat, tahukah kamu bahwa WiFi publik memiliki risiko keamanan data yang tinggi.

Saat menggunakan WiFi publik, data penting dan pribadi milikmu sangatlah rentan terekspos. Apalagi saat mengakses email, membuka situs ataupun berbelanja online. 

Sifat jaringan Wifi publik yang terbuka akan menyebabkan perangkat kamu mudah direT4z orang yang tidak bertanggung jawab.

Namun, bukan berarti tidak boleh ya. Yang admin maksud adalah untuk selalu waspada untuk menjaga privasi kamu.

Sebuah survei yang dilakukan oleh Norton cyber security dilaporkan lebih dari 17.000 pengguna di 17 negara menemukan bahwa sekitar 40% pengguna internet lebih mencemaskan bakteri yang ada di toilet ketimbang bahaya serangan cyb3R. 

Meski tidak semua WiFi publik memiliki risiko dengan syb3r, kamu tentu harus selalu bijak dan hati-hati saat memanfaatkan fasilitas umum ini.

Beberapa tips untuk mengurangi risiko penggunaan WiFi publik

  • Pertama, jangan menggunakan wifi publik untuk berbelanja online, membuka email penting dan mengakses situs penting seperti akun perbankan. Ketiga hal tersebut merupakan informasi yang paling sering dicari oleh orang yang tidak bertanggung jawab.
  • Kedua, pastikan kamu selalu mengunjungi situs yang memiliki alamat terenkripsi atau HTTPS dengan lapisan keamanan lebih dibandingkan situs HTTP.
  • Ketiga, jika memungkinkan gunakanlah selalu Virtual Private Network, Cara ini akan mengenkripsi komunikasi yang kamu lakukan di jaringan internet, sehingga menyulitkan penyusup untuk memonitor aktifitasmu.
  • Terakhir kamu bisa menerapkan autentikasi ganda pada setiap akun yang kamu miliki. Dengan demikian akun kamu akan tetap aman.

WiFi publik memang fasilitas yang sangat membantu banyak orang, tetapi tidak ada salahnya untuk tetap waspada dan berhati-hati saat menggunakannya. Semoga informasi ini bermanfaat.

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال