Pengertian Metagenesis Tumbuhan Lumut


Mediawana.com - Apa itu Metagenesis? Pengertian Metagenesis Tumbuhan Lumut, mungkin saja Anda pernah mendengarkannya.

Arti dari Metagenesis sendiri disebut juga dengan pergiliran keturunan. Pergiliran ini artinya adalah pada setiap generasi akan menjadi generasi yang berbeda untuk keperluannya. 

Terdapat dua macam generasi pada proses metagenesis, yaitu gametofit dan sporofit. Fase gametofit adalah fase untuk menghasilkan gamet atau sel kelamin.

Oke, kita bahas sampai tuntas, sesuai dengan judulnya yaitu Metagenesis Tumbuhan lumut.

Metagenesis Lumut

Lumut merupakan tumbuhan autotrof fotosintetik, tidak berpembuluh, tapi tumbuhan ini sudah memiliki batang dan daun yang jelas dapat diamati meskipun akarnya masih berupa rizoid.

Lumut ini dianggap sebagai peralihan antara tumbuhan talus kepada tumbuhan berkormus karena memiliki ciri talus yang berupa rizoid dan kormus yang sudah menampakan adanya bagian batang dan daun.

Jelasnya dalam metagenesis pada tumbuhan lumut mengalami dua fase kehidupan yaitu fase gametofit (haploid) dan satu lagi adalah fase sporofit  (diploid). 

Alat perkembangbiakan jantan yang berupa anteridium dan alat perkembangbiakan betina berupa arkegonium. Daur hidup lumut contohnya terjadi pada lumut daun, dimana generasi gametofit (haploid) merupakan generasi yang lebih dominan, sedangkan untuk generasi sporofitnya lebih kecil dan hidup lebih pendek. 

Apakah sampai disini Anda sudah memahaminya? oke, kita lanjut lagi.

Pada generasi sporofit (diploid) menghasilkan spora haploid melalui pembelahan meiosis dalam suatu struktur yang dikenal atau disebut dengan spongarium. 

Spora yang kecil apabila menyebar dan menemukan tempat yang sesuai akan berkembang menjadi tumbuhan gametofit yang baru.

Nah, jadi kesimpulannya adalah Metagenesis Tumbuhan Lumut itu merupakan tumbuhan autotrof fotosintetik, tidak berpembuluh, tapi tumbuhan ini sudah memiliki batang dan daun yang jelas dapat diamati meskipun akarnya masih berupa rizoid.

Yang nantinya akan berkembang menjadi tumbuhan gametofit yang baru.

Itulah informasi Pengertian Metagenesis Tumbuhan Lumut.

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال