Pengertian Open Source, Jenis Beserta kelebihan dan kekurangannya

Pengertian Open Source

Mediawana.com - Apa itu Open Source? Berikut Jenis Beserta kelebihan dan kekurangannya.

{getToc} $title={Daftar isi}

Open Source atau biasa dikenal dengan Sumber terbuka adalah sistem pengembangan yang tidak dikoordinasi oleh suatu individu / lembaga pusat, tetapi oleh para pelaku yang bekerja sama dengan memanfaatkan kode sumber (source-code) yang tersebar dan tersedia bebas (biasanya menggunakan fasilitas komunikasi internet). 

Pengertian Open Source

Source itu sendiri adalah sumber kode atau program perintah-perintah yang digunakan untuk membuat aplikasi. Jadi open source itu adalah source yang terbuka. Maksudnya bila kita bisa mengetahui source penyusun suatu software maka itu disebut open source.

Dengan akses yang terbuka (Open Source), pengguna dapat memanfaatkan sebaik-baiknya, untuk menjadikan program baru maupun aplikasi yang bisa dikembangkan kembali dengan sebaik mungkin dan dapat digunakan dengan pengembangan yang berbeda.

Pada umumnya Open Source dapat kita jumpai pada Aplikasi, Program tertentu, ataupun pada sistem operasi.

Kali ini kita akan membahas mengenai Open Source lebih jauh lagi, simak selengkapnya. 

Baca Lainnya : Pengertian Cakram liuk

Sistem Operasi Open Source

Sistem operasi yang digunakan, juga mendukung kinerja yang dihasilkan komputer. Banyak sistem operasi yang telah disediakan saat ini dengan gratis atau mendapat dukungan sumber terbuka. Berikut adalah jenis-jenisnya. 

1. Linux

Bagi Anda yang memiliki latar belakang teknologi pasti mengerti dengan sistem operasi linux.

Linux adalah salah satu sistem operasi yang berbasis sumber terbuka atau open source, dimanadiperuntukan dan disediakan secara gratis untuk digunakan oleh siapapun. Kode-kode yang ada dapat digunakan oleh siapapun tanpa berbayar. Bahkan dapat dikembangkan menjadi lebih baik lagi.

Sistem operasi ini pertama kali dikembangkan oleh Linus Torvalds pada tahun 1991. sistem operasi ini dapat digunakan dalam berbagai komputer termasuk desktop, sistem permainan seperti PlayStation. Super komputer, router serta dapat digunakan dalam telepon genggam. Contoh sistem operasi pada linux yang lebih dikenal yaitu Debian, Ubuntu, Linux Mint, Kali Linux,  Fedora, Redhat dan lain-lain.

2. UNIX

Berikutnya adalah Unix, sistem operasi UNIX juga merupakan salah satu sistem operasi berbasis sumber terbuka, dan dikembangkan pertama kali pada tahun 1965. Karakteristik yang dimiliki oleh Unix ini bersifat portable, serta multitasking bagi penggunanya.

Kenapa
multitasking ? Linux dapat dikatakan multitasking karena sistem operasi ini dapat digunakan dengan melakukan banyak proses yang dilakukan secara bersama. Selain itu, bersifat portable karena dapat digunakan disemua jenis komputer. Penggunaannya, dapat digunakan oleh lebih dari satu pengguna. Pada sistem operasi linux juga mengembangkan Unix dalam pengembangannya.  

Aplikasi Open Source

Selain sistem operasi. Ada banyak aplikasi yang disediakan secara terbuka sumbernya atau open source, tanpa harus membayar kepada pengembang aplikasi maupun sumber kode yang diberikan, diantaranya adalah.

1. Mozila Firefox

Mozila firefox adalah peramban atau web browser yang digunakan untuk menjelajah internet. Aplikasi ini dibuat oleh Mozilla, meskipun memiliki tampilan yang sederhana tetapi kecepatan yang dimiliki oleh Mozila Firefox lebih dari peramban lainnya. Selain itu aplikasi ini juga ditunjang dari segi keamanan, aplikasi ini memiliki keamanan browser yang cukup tinggi dari pada web browser lainnya.

2. GIMP

GNU Image Manipulation Program adalah aplikasi yang digunakan untuk pengolahan grafis Bitmap. Penggunaanya seperti membuat logo, mengubah ukuran foto, hingga menggabungkan beberapa foto menjadi satu gabungan. ya mirip mirip photoshop sedikit.

3. Libre Office

Berikutnya adalah satu aplikasi yang terbuka yang disediakan untuk kebutuhan perkantoran, aplikasi yang diturunkan oleh OpenOffice.org tahun 2010. Komponen yang disediakan juga beragam mulai dari writer, calc, impress, base, math dan draw. Selain itu, aplikasi ini juga dapat digunakan dalam perangkat 32 dan 64 bit. 

Aplikasi ini sangat mirip dengan Microsoft Office, hanya saja ini versi gratisnya, alias tidak berbayar. Jadi Anda tidak perlu pusing memikirkan biayanya. Karena Libre Office ini gratis.

4. VLC Media Player

Siapa nih yang sudah pakai aplikasi ini, ya benar sekali. VLC Media Player merupakan aplikasi multimedia yang digunakan untuk memutar berbagai format file yang didukung seperti MPEG, DivX dan sebagainnya. Fitur tambahan lain juga tersedia, salah satunya konversi dan filter dalam video. Pemutaran video hingga sampai 360 derajat, sehingga pengguna dapat menikmati video yang diputar lebih imersif. 

5. FileZilla

Aplikasi ini biasa digunakan oleh para pengembang atau programmer dalam pengunduhan dan pengunggahan file dari server yang digunakan. FileZilla ini merupakan salah satu software  FTP (File Transfer Protocol). Transmisi data yang ada akan lebih aman dan terorganisir. tentunya tidak berbayar ya.

Baca Lainnya : Pengertian Data Mentah dan Data Array

Perbedaan Open Source Dengan Close Source

Pengertian Open Source

Lalu apa ya, perbedaan Open Source dengan Close Source?.

Kedua source diatas memiliki perbedaan yang membuat ciri khas untuk sumber kode maupun aplikasi yang diberikan. Yaitu.

1. Fungsionalitas

Dari segi kegunaan, aplikasi open source dirasa sangat tinggi karena dokumentasi yang dihasilkan lebih terperinci dengan penyampaian yang baik dan stabil.

2. Harga

Aplikasi berbasis open source, harga yang ditawarkan jauh lebih terjangkau bahkan tidak perlu mengeluarkan biaya loh. Tetapi, dalam menggunakan aplikasi jenis ini juga ada batasan dalam penggunaannya. Dalam pengembangannya sendiri, dapat dijadikan suatu dukungan dalam proses implementasinya, bisa dalam pengembangan projek ataupun dalam teknisnya.  

3. Keamanan

Aplikasi open source ataupun sistem open source yang bersifat yang terbuka dimana bisa untuk dilihat, dibagikan serta dikembangkan dan diperbaiki oleh siapapun. Dengan demikian open source memiliki keamanan yang cukup baik.

Kelebihan Open Source

Berikut ini adalah kelebihan yang dimiliki dengan sistem Open Source, yaitu.

1. Disediakan tidak berbayar

Dengan adanya Open Source tidak adanya biaya tambahan yang dikeluarkan saat ingin menggunakan program atau aplikasinya, karena sifatnya terbuka sehingga siapaun dapat menggunakannya.

2. Dapat Digunakan dengan Bebas

Perlindungan hak cipta pada aplikasi open source adalah tidak memiliki hak cipta yang paten. Sehingga Anda dapat menyesuaikan dengan kebutuhan jika ingin melakukan pembelian yang membuat fitur lebih banyak lagi.

3. Dapat digunakan secara konsisten

Semua pengguna dapat meningkatkan aplikasi secara terus menerus, seperti menambahkan fitur ataupun dalam memperbaiki aplikasi dengan tujuan untuk meningkatan kinerjanya sehingga dapat digunakan dengan kinerja yang lebih baik.

Kekurangan Open Source

Selain kelebihan pada Open Source, ternyata ada juga loh kekurangannya, apa saja?. berikut ini adalah kekurangan pada open source.

1. Kompleks dan terkordinir

Jika dirasa Anda ingin memodifikasikannya atau ingin meningkatkan aplikasi open source tersebut, tentu saja Anda harus memiliki pengetahuan dan jam kerja yang baik, selain programnya yang dirasa cukup rumit juga susah-susah gampang.

2. Penggunaannya Sulit

Seperti sebelumnya, membutuhkan pemahaman yang lebih karena penggunaan dari aplikasi termasuk sulit untuk langsung digunakan. Sehingga membutuhkan waktu pemahaman, untuk memahami kode yang sulit dan berbeda dengan aplikasi office pada umumnya. Apa lagi jika Anda menggunakan Sistem Operasi berbasis linux yang memang bersifat Open Source. 

Jika Anda menggunakan sistem operasi linux akan cukup sulit dalam penggunaannya, jika dibandingankan dengan sistem operasi windows yang cukup mudah dapat mengoperasikannya.

3. Tidak Kompatibel

Biasanya sistem operasi dan aplikasi tertentu yang digunakan juga mempengaruhi dalam penggunaannya. Biasanya, penggunaan aplikasi open source adalah sistem operasi open source juga seperti Linux misalnya. Aplikasi yang tidak memberikan dukungan Linux, maka aplikasi tersebut tidak bisa digunakan. Jadi ya dapat dikatakan memiliki dukungan yang berbeda.

Kesimpulan

Open source merupakan sebuah kode atau program maupun aplikasi yang diperuntukkan untuk semua pengguna untuk bisa digunakan secara gratis alias tidak berbayar, serta tanpa meminta izin kepada pembuat ataupun pengembangnya. Aplikasi open source disediakan beragam begitu juga sistem operasi open source juga terdiri dari Linux dan Unix, keduanya disediakan tanpa berbayar. 

Itulah informasi mengenai Pengertian Open Source, Jenis Beserta kelebihan dan kekurangannya

Baca Lainnya : Perbedaan Domain dan Hosting

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال