15 Jenis Kertas yang Paling Sering Digunakan Dalam Printing

Jenis Kertas yang Paling Sering Digunakan Dalam Printing

Mediawana.com - Jenis Kertas yang Paling Sering Digunakan dalam dunia printing, siapa sangka. Kertas yang selama ini Anda gunakan untuk keperluan pekerjaan, pendidikan, dan usaha ternyata memiliki banyak jenis.

{getToc} $title={Daftar isi}

Dari sekian banyaknya jenis kertas, biasa yang sering dipakai dalam kantoran, pendidikan adalah kertas HVS.

Selain itu masih banyak kertas yang lainnya. Apa saja? Simak berikut ini.

1. Kertas HVS

Kertas HVS merupakan jenis kertas yang biasanya dipakai dalam dunia kerja, pendidikan dan industri. Mulai dari percetakan, perkantoran, sampai pusat perbelanjaan. Biasanya kertas ini digunakan untuk keperluan surat, fotokopi, kertas printer, ataupun keperluan kantor. Kertas ini memiliki kertas yang kasar, berwarna putih, dan memiliki tingkat ketebalan 70-80 gsm.

2. Kertas NCR

NCR (No Carbon Required) merupakan kertas yang memang dibuat untuk mentransfer informasi yang tertulis di bagian depan ke lembaran yang ada di bawahnya. Kertas jenis ini sering kali digunakan untuk membuat nota, kwitansi, serta bukti transaksi lainnya. Kertas ini mirip dengan kertas HVS, hanya saja tersedia dalam berbagai macam warna.

3. Kertas book paper

Kertas book paper yaitu jenis kertas yang dibuat khusus untuk penerbitan sebuah buku, kertas ini berwarna high krem, lebih ringan daripada kertas HVS. Jika Anda membuat novel atau buku, belum dapat dikatakan novel atau buku jika belum menggunakan kertas book paper. 

4. Kertas BW 

Kertas BW adalah kertas yang diperuntukan untuk membuat thanks card yang sangat populer. Jenis kertas inilah yang lebih variatif. Selain permukaannya yang bertekstur dan mempunyai ciri khas, warna yang disediakan pun cukup banyak. Selain itu kertas ini banyak digunakan berbagai macam kebutuhan percetakan seperti kartu nama atau sertifikat. Anda bisa memilih salah satu gramatur yang disediakan mulai dari 250 gr, 220 gr, atau 160 gr.

5. Kertas Art Paper

Art paper atau kertas konstruk merupakan salah satu jenis kertas yang memiliki permukaan licin. Jenis kertas ini merupakan jenis kertas brosur yang sering dipesan oleh perusahaan dan sekolah untuk kebutuhan promosi. Selain itu, kertas art paper juga dapat dijadikan sebagai kertas untuk tiket konser karena bahannya yang tipis, serta minimalis dan juga harganya yang tidak terlalu mahal. kertas ini memiliki ukuran 85 gr, 100 gr, 115 gr, 120 gr, hingga 150 gr.

6. Kertas Concorde

Kertas Concorde adalah kertas yang banyak disukai oleh perusahaan dan anak kuliah. Bagaimana tidak kertas ini memiliki 2 jenis gramatur kertas yaitu 120 gsm dan 250 gsm. dengan ketebalan ini, kertas concord sangat cocok untuk membuat Kartu Nama, Undangan dan Sertifikat. Serta, kertas ini memiliki tekstur bergelombang horisontal yang untuk berbeda dari kertas lainnya.

7. Kertas Jasmine

Kertas Jasmine adalah kertas yang sering digunakan untuk undangan pernikahan. Kertas jasmine kini lebih populer karena memiliki banyak kelebihan. Kertas ini menjadi idola baru yang banyak digemari pada layanan jasa percetakan. Kertas ini penting untuk diperhatikan sebagai bahan untuk kertas undangan.

8. Kertas Art Carton

Kertas Art Carton dapat dibilang sedikit sama dengan art paper, hanya saja sedikit berbeda pada tingkat ketebalannya.Tinggal ketebalan yang paling umum digunakan yaitu 210 gsm, 260 gsm, dan 320 gsm.

Dengan ketebalan tersebut, kertas ini sering digunakan untuk membuat kartu nama, poster, pamflet, sampai sampul buku.

9. Linen Jepang

Kertas ini merupakan kertas yang memiliki ciri-ciri permukaan yang tampak redup, kasar, dan juga mudah digunakan untuk tulis tangan. Biasannya, kertas ini digunakan untuk membuat undangan pernikahan atau sertifikat.

10. Kertas Duplex

Kertas Duplex sering dikenal dengan kertas yang memiliki dua sisi yang berbeda, satu sisinya berwarna putih dan sisi satunya berwarna abu-abu. Kertas ini juga sering sekali digunakan untuk kemasan makanan ataupun produk dengan tingkat ketebalan mencapai 250-400 gsm.

11. Kertas Fancy

Kertas Fancy adalah jenis kertas premium dengan harga yang relatif lebih mahal. Karena bahan dan teksturnya sangat bagus dan memiliki kualitas yang baik. Biasanya kertas ini dipakai untuk keperluan prakarya, seperti desain grafis, kartu ucapan, hingga membuat scrapbook.

12. Kertas Buffalo

Kertas Buffalo merupakan Kertas yang memiliki ciri khas yaitu, memiliki permukaan yang bertekstur seperti guratan kayu dengan permukaan yang kasar. Buffalo kerap digunakan untuk map, jilid buku, hingga kerajinan kertas.

13. Kertas Buram

Kertas buram adalah kertas daur ulang dengan tingkat ketebalan yang tipis dan warna abu-abu buram. Kertas Buram ini biasa digunakan untuk corat-coret perhitungan matematika ketika sekolah atau sejenisnya.

14. Kertas Matt Paper 

Kertas Matt Paper merupakan kertas yang terlihat seperti dengan Art Paper, hana saja permukaan kertas ini tidak berkilau. Dengan tingkat ketebalan sekitar 120 gsm dan 150 gsm, kertas ini biasa dipakai untuk membuat isi majalah.

15. Kertas Kraft

Kertas kraft adalah kertas yang paling umum digunakan untuk keperluan membuat paper bag atau kantong kertas. Kertas ini memiliki ciri khas seperti permukaan yang kasar, berwarna coklat, dan warnanya tampak redup.

Informasi diatas merupakan 15 Jenis Kertas yang Paling Sering Digunakan Dalam Printing. Semoga dapat menambah pengetahuan kita semua mengenai jenis kertas yang ada dan digunakan dalam printing dan keperluan mencetak.

Baca Lainnya :


Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال