Pengertian E-Book Adalah: Fungsi, Tujuan, Manfaat dan Kelebihannya

 Apa Itu Ebook 

Mediawana.com - Sekarang ini informasi sangat mudah untuk kita dapatkan, apa lagi saat kita mencarinya di internet. Tapi pernah engga sih, Anda dengar istilah E-Book ?.

Saat ini E-Book atau yang biasa kita kenal dengan Buku Digital setidaknya menggeser penggunaan buku konvensional atau buku cetak.

Ngerasa engga sih, setiap perangkat seperti Smartphone, Laptop, Komputer, Tab dan lainya dapat mengakses ebook dengan sangat mudah. Nah karena kemudah itu, kebanyakan pengguna sering kali menggunakan ebook sebagai buku praktis mereka.

Untuk memahami lebih dalam lagi mengenai E-Book, apa yang dimaksud ebook, apa pengertian ebook, apa saja fungsi ebook, apa tujuan ebook, apa manfaat ebook, dan apa saja kelebihan ebook. Yuk pelajari selengkapnya dan pahami informasinya.

Pengertian E-Book

E-Book adalah Electronik Book yang artinya adalah buku digital.E-book adalah buku yang berbentuk elektronik atau digital layaknya buku pada umumnya, hanya saja ini berbentuk file atau digital.

Karena fungsinya sama seperti buku biasa (Buku Cetak), tidak ada perbedaan dalam menggunakannya, sama-sama dibaca dan berisikan sumber informasi yang dapat kamu pahami, pelajari layaknya buku biasa.

Di era yang serba digital ini. Tentunya banyak sekali ebook mengenai informasi, edukasi dan lainnya yang ada di internet, selain penggunaanya yang mudah, Anda juga dapat dimudahkan dalam membawa ebook tersebut.

Ya, cukup dengan membawa Smartphone atau PC bahkan Penyimpanan seperti flashdisk kamu dapat menyimpan dan membawa puluhan, ratusan, bahkan ribuan ebook yang siap Anda baca.

Baca Juga : Apa Itu Gambar Digital

Tujuan E-Book

Lalu apa sih tujuan dari ebook ini, dan untuk apa, padahalkan sudah ada yang berbentuk buku biasa (Buku Cetak).

Simak selengkapnya.

Mempermudah dalam pembuatannya

E-Book merupakan solusi bagi mereka yang ingin  menerbitkan buku tetapi kesulitan dalam membuatnya.

Menghemat Biaya Pencetakan

Pembuatan buku cetak saat ini masih tergolong mahal terlebih lagi jika Anda ingin membuat sampai 15 Buku. Berbeda jika Anda ingin menggunakan E-Book sebagai penggunaannya. Biayanya sangat sedikit bahkan gratis. Anda hanya memerlukan perangkat untuk membuatnya (E-Book).

Menghemat Ruang Penyimpanan

Jika Anda menyimpan buku konvensional (Buku Cetak) pastinya memerlukan ruangan yang tidak kecil, terlebih lagi jika Anda memiliki banyak buku, pastinya Anda membutuhkan ruang yang tidak sedikit. Namun berbeda kasus jika Anda menggunakan E-Book. Anda hanya memerlukan penyimpanan sedikit untuk menyimpan ebook ini. 

Mempermudah dalam menyebarkan informasi

Jika Anda menggunakan E-Book Anda sangat dimudahkan dalam aktifitas pengiriman informasi, dengan ebook. Anda sangat dimudahkan dalam menyebarkan informasi.

Fungsi E-Book

Apa yang Anda ketahui dari fungsi ebook ini ?

Fungsi ebook adalah.

Sebagai Media Belajar

Banyak sekali orang yang membuat ebook mengenai informasi, terutama tentang pembelajaran. Dengan menggunakan ebook Anda akan dimudahkan dalam mencari dan menggunakan ebook ini. hanya dengan perangkat Anda dapat belajar ebook dimana saja dan kapan saja.

Sebagai Sarana Informasi

Saat ini penggunaan ebook sudah sangat banyak loh. Apa lagi mengenai informasi.

Sekarang ini banyak sekali ebook yang berisikan pembelajaran, tutorial, motivasi dan lainnya.


Format pada E-Book

Dalam pembuatan ebook ada banyak sekali format yang digunakan dalam ebook ini. berikut ini beberapa format ebook pada umumnya.

  • PDF - Portable Dokumen Format
  • EPUB - Electronic Publication
  • MOBI - Format MobiPocket
  • HTML - Hyper Text Markup Language
  • AZW - Amazon World
  • CHM - Compressed HTML
  • Dll.


Kelebihan dan Kekurangan E-Book

 ebook adalah

Selain kepraktisannya dan kemudahan dalam penggunaan ebook ini. ternyata juga ada kekurangan dan kelebihannya loh. Apa saja. Simak selengkapnya.

Kelebihan E-Book

1. Paperless - Ramah Lingkungan

Ebook tidak menggunakan kertas, yang dapat memungkinkan ebook ini ramah lingkungan, karena penyajiannya dalam bentuk elektronik (Digital).

2. Tahan Lama

Selain ramah lingkungan karena ebook tidak menggunakan kertas, ternyata ada lagi nih. Yaitu tahan lama. Berbeda dengan buku konvensional (Buku Cetak), kemungkinan mudah robek, kusut bahkan basah terkena air.

E-Book terbilang lebih praktis dan awet, selama Anda menyimpannya dengan aman. Kemungkinan rusak atau robek tidak ada, hanya saja perlu Anda perhatikan. E-Book biasanya mudah terhapus. Jadi biasakan simpan ditempan yang aman, dan jangan lupa untuk mencadangkannya.

3. Lebih Ringkas

Dengan menggunakan ebook, pastinya beban Anda akan berkurang. Karena memang bentuknya yang digital, hanya dengan flashdisk atau hardisk Anda dapat membawanya sebanyak mungkin dan praktis tentunya.

Kekurangan E-Book

1. Ukuran Huruf Lebih Kecil

Bagi Anda yang biasa membaca dengan buku cetak, ketika beralih menggunakan ebook, pasti akan merasa ukuran teks lebih kecil dari biasanya. Tapi tenang dulu, dengan menggunakan ebook, Anda dapat mengatur ukuran teks sesukan Anda.

2. Membuat Mata Cepat Lelah

Membaca informasi melalui ebook memang sebagian besar cukup melelahkan mata, karena cahaya dari perangkat mobile atau perangkat desktop akan membuat mata lelah jika penggunaan yang lama. 

Cara mengatasi hal tersebut, Anda dapat menggunakan kaca mata anti radiasi untuk mengurangi atau mencegah mata lelah karena sinar biru yang dihasilkan dari perangkat Anda.

3. Membutuhkan Perangkat Elektronik 

Jika menggunakan E-Book memang dibutuhkan perangkat elektronik agar ebook dapat dibaca dan digunakan.seperti Smarphone, Tab, Notebook, Laptop atau Komputer.


Penggunaan E-Book memang membawa dampak yang positif, selain mudah digunakan dan  juga praktis dalam segala hal. Namun semua itu tergantung kepada diri masing-masing, jika Anda lebih menyukai menggunakan buku cetak, tidak ada salahnya mencoba juga penggunaan dengan E-Book.

Itulah informasi atau artikel Pengertian E-Book Adalah: Fungsi, Tujuan, Manfaat dan Kelebihannya.

Baca Juga : Cara Menghapus Latar Belakang Gambar dengan Mudah di Photoshop

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال