Pengertian Hardware : Fungsi, Jenis, dan Contoh Hardware

 






Mediawana - Jaman sekarang ini istilah hardware tidak pernah lepas dengan teknologi, tapi  apakah Anda tau?. Apa itu Hardware. Hardware adalah perangkat keras yang mana perangkat ini sangat berkaitan dengan komputer. Hardware sering diucapkan dimana-mana termasuk publik. Apa lagi bagi Anda yang sudah berkecimpung di dunia IT atau latar belakang Komputer, tentu saja sudah tidak asing lagi dengan istilah Hardware.

Meskipun begitu, bagi mereka yang tidak berlatar belakang IT atau komputer tentu saja sedikit bingung dengan istilah Hardware atau minim pengetahuan tentang Hardware itu sendiri. Tapi jangan bersedih, kami tidak ingin Anda tertinggal. Kami akan memberikan informasi dan penjelasan mengenai hardware. Mulai dari apa itu hardware, pengertian hardware, fungsi hardware, jenis-jenis hardware dan masih banyak lagi. 

Mediawana akan mengupas semuanya disini. Berikut informasi mengenai Hardware.


Apa itu Hardware

 







 

Hardware atau yang biasanya disebut dengan nama perangkat keras adalah semua jenis komponen yang ada pada komputer, yang mana bagian fisiknya dapat terlihat secara kasat mata dan dapat kita sentuh dan rasakan.

Hardware adalah perangkat fisik komputer yang berfungsi sebagai atau untuk melakukan proses input, output, dan proses.

Oiya, lalu apa aja yang termasuk kedalam hardware?. Diantaranya ada beberapa seperti RAM, CPU, CD-ROM, monitor, mouse, scanner, printer, keyboard, webcame dan masih banyak lagi. Selain itu, hardware pada umumnya digunakan atau berguna sebagai periferal. Seperti Mouse untuk menggerakan kursor, Keyboard untuk mengetik, Printer untuk mencetak file, Monitor untuk menampilkan grafis gambar dan masih banyak lagi.

Dengan begitu suatu proses akan berjalan dengan lancar dan efien dan efektif serta perintah yang di inginkan dapat beroperasi dengan baik.


Fungsi Hardware atau Perangkat Keras

Selain dari pengertian tentang hardware ada juga fungsinya loh. Berikut informasi mengenai fungsi dari hardware atau perangkat keras.

 

1. Menerima Output 

Apa yang dimaksud dengan menerima output?. Artinya adalah perangkat keras tersebut menerima output dari yang lain, dengan begitu setelah menerima ouput dari yang lain akan langsung segera diprosesnya, ini biasanya disebut dengan istilah input.

Contoh perangkat input adalah seperti Microfon, Scanner, Keyboard, Mouse dan lainnya.


2. Mengolah atau Proses Informasi

Setelah menerima output atau menerima dari yang lain seperti yang sudah dijelaskan. Langkah selanjutnya adalah memproses data atau informasinya. Untuk mengolah data atau informasi membutuhkan hardware yang bisa menanganinya seperti CPU, RAM, VGA, dan masih banyak yang lainnya.

 

3.  Memberi Output

Setelah diproses oleh perangkat keras proses, setelah itu akan dikeluarkan datanya atau informasinya. Hardware akan memberikan hasil output kepada user atau penggunanya (Kita).

Diantaranya seperti monitor yang berfungsi untuk memberikan hasilnya kepada user atau kita sendiri. jadi seperti ini, setelah hardware menerima sesuatu, anggap saja suara Anda yang direkam dengan microfon setelah itu hasilnya diberikan kepada hardware yang memprosesnya sepert CPU yang nantinya akan diolah menjadi lebih merdu (misalkan), setelah selesai diproses maka hasilnya akan diberikan kepada Anda, misalnya melalui speaker, sehingga suara Anda dapat didengarkan kembali.

Mekanisme inilah yang saling mempengaruhi antar kita. Maksudnya antar Output dan Input.

 

4. Menyimpan Data atau Informasi

Sampai tahap ini, seluruh output atau data yang dihasilkan oleh komputer, bisa juga Anda simpan kedalam memori, singkatnya adalah jika Anda sudah melihat atau mendengar hasilnya Anda juga dapat menyimpannya di memori komputer, untuk dilihat kembali nantinya.

Penyimpanan ini dapat dilakukan tidak hanya pada perangkat yang terpasang di dalam komputer, dapat juga perangkat yang yang dipasang di luar. Itulah beberapa fungsi perangkat keras komputer.

Dari semua penjelasan diatas tentunya Anda semakin memahami informasi mengenai Hardware, tidak hanya itu saja. semua materi akan kami kupas disini agar semakin lengkap dan pastinya mantap. Karena memberikan ilmu itu tidak baik kalau setengah setengah. Yuk  kita lanjut.


Jenis-Jenis Hardware beserta Contohnya







 

Pada dasarnya, setiap hardware dapat dibedakan dari jenis-jenisnya berdasarkan fungsi yang ada pada perangkat itu. Berikut jenis-jenis dan contoh dari setiap perangkatnya.

Perangkat Input

Hardware pada jenis ini berguna atau berfungsi untuk memasukan informasi ataupun data, seperti teks, gambar, video, audio, dokumen dan lain-lain. Berikut adalah contoh hardware atau perangkat keras input.

 

Mouse
Mouse adalah perangkat keras ya, bukan yang itu tohh. Perangkat ini berfungsi untuk menggerakan kursor yang ada pada layar monitor Anda. Tidak hany itu saja, dengan menggunakan mouse, pengguna juga akan lebih mudah dalam memilih menu apa saja yang diinginkan. Selain nama mouse ada yang lain juga ya. bahasa indonesianya adalah tetikus, sesuai dengan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).

Keyboard 

Pada jenis ini, hardware yang dinamakan keyboard ini adalah perangkat keras yang berfungsi untuk mengetik, baik itu angka, teks ataupun simbol lainnya.

 

Microfon

Microfon adalah perangkat yang berfungsi untuk menerima suara Anda yang ehem.. Merdu, yang nantinya Anda dapat memutarnya atau dapat Anda simpan untuk didengarkan kembali nantinya.

 

Scanner

Scanner adalah alat yang dapat digunakan untuk men-scan atau memindai data atau berkas Anda yang nantinya akan diubah sesuai dengan jenis yang Anda inginkan, misalnya Anda punya surat diatas kertas bertinta hitam ukuran A4. Anda dapat memindai diatas scanner yang nantinya akan diubah menjadi berkas digital. Contohnya, seperti dapat diubah menjadi foto, pdf, atau lainnya.

 

Perangkat Output

Kalau tadi perangkat Input, sekarang adalah perangkat Output, Output artinya keluar yang berarti perangkat jenis ini mengeluarkan sesuatu untuk kita lihat, dengar, atau lainya. Berikut adalah perangkat output selengkapnya.

 

Monitor

Ya. Monitor adalah perangkat keras output, monitor akan mengeluarkan hasil berupa gambar yang nantinya dapat Anda lihat baik itu foto, gambar, teks, audio atau yang lainnya. Umumnya, pekerjaan tersebut berhubungan  dengan dokumen atau data.


Speaker

Speaker adalah alat output yang dapat mengeluarkan informasi berupa audio yaitu suara. seperti suara rekaman Anda yang sangat merdu dan musik. Itu adalah tugas dari speaker sebagai alat output.


Printer

Perangkat output jenis ini berfungsi untuk mencetak data dokumen Anda, seperti Anda dapat mencetak foto, surat ataupun lainnya.


Proyektor

Siapa yang tau dengan proyektor, itu loh seperti bioskop yang layarnya besar dan lebar, yang biasa disebut dengan infocus, tapi nama ini tidak benar ya, itu nama merek sementara nama aslinya adalah proyektor, yang akan dibiaskan gambar Anda ke layar atau dinding sehinga tampilannya menjadi lebih besar. Proyektor ini biasa digunakan untuk keperluan pendidikan, pekerjaan atau presentasi.


Perangkat Proses

Perangkat Proses, Perangkat Proses adalah perangkat yang berguna atau berfungsi untuk mengolah atau memproses data informasi dan sekaligus menjalankan proses yang ada pada sistem komputer termasuk program dan sistem operasi. Contoh dari perangkat Proses adalah CPU, RAM, VGA dan lain-lain.


CPU

CPU adalah singkatan dari Central Prcessing Unit yaitu perangkat yang berfungsi untuk mengontrol seluruh proses kerja yang ada pada komputer. Mulai dari instruksi, pengolahan dan sampai menghasilkan output yang diinginkan.


VGA

VGA adalah singkatan dari Video Graphical Array yang artinya adalah perangkat yang yang berfungsi untuk mengolah atau memproses data grafis, yang nantinya hasil dari VGA ini dapat Anda tampilkan dilayar dengan kualitas yang bagus dan tajam.


RAM

RAM adalah singkatan dari Random Access Memory perangkat ini berfungsi sebagai alat proses, yang nantinya akan menambah akselerasi pada perangkat Anda dan menentukan kecepatan akses dalam sebuah komputer.


Perangkat Penyimpanan

Perangkat penyimpan biasa disebut juga dengan Storage Device yang artinya adalah alat ini difungsikan sebagai media untuk menyimpan, entah itu data, informasi, atau lainnya.


Hard Disk 

Hardisk adalah perangkat keras yang digunakan sebagai media untuk menyimpan data, baik itu teks, audio, berkas file dan masih banyak lagi. Hardisk adalah perangkat penyimpanan yang ada pada perangkat komputer atau laptop. 

Cakram keras atau diska keras atau piringan keras adalah sebuah komponen perangkat keras yang menyimpan data sekunder dan berisi piringan magnetis 

Baca Juga : Pengertian Hardisk, Jenis beserta cara kerja Hardisk

Flashdisk 

Flashdisk adalah alat penyimpanan yang sangat portable dan mudah digunakan, dengan ukurannya yang kecil yang mudah sekali disimpan bahkan dalam saku celana. Flashdisk sering kali digunakan untuk keperluan mobile, karena ukurannya yang kecil sehingga mudah untuk dibawa kemana-mana.

Diska lepas USB atau yang lebih populer dalam bahasa Inggris USB flash drive adalah alat penyimpanan data memori kilat tipe NAND yang memiliki alat penghubung USB yang terintegrasi.

Anda dapat menyimpan data kedalam flashdisk, biasanya ukuran flashdisk bermacam-macam mulai dari 4gb sampai 128 gb.

 

Optical Disk

Optical Disk ini adalah alat penyimpanan juga sama seperti yang lainya, perbedaannya adalah media pada optical disk merupakan penyimpanan data yang bisa dibaca atau ditulis oleh cahaya laser. Pada umumnya Optical Disk berupa CD atau Compact Disc dan DVD atau Digital Versaitle Disc.

Optical Disk adalah media penyimpanan data elektronik yang dapat ditulis atau dibaca dengan menggunakan sinar laser bertenaga rendah.


Perangkat Tambahan atau Periferal

Perangkat Tambahan atau Periferal adalah perangkat tambahan pada perangkat komputer, pada umumnya komputer terdiri dari bagian Monitor, CPU, Mouse, dan Keyboard. jika Anda ingin mendengarkan lagu berarti Anda harus menambahkan perangkat periferal atau perangkat tambahan seperti Speaker, atau jika Anda ingin mencetak dokumen maka Anda harus memasang Printer (Periferal)


Itulah informasi mengenai hardware semoga bermanfaat dan membantu untuk mencari solusi. Terima Kasih.


Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال