Pengertian Abstraksi Dalam Ilmu Komputer

Pengertian Abstraksi Dalam Ilmu Komputer

Mediawana.com - Dalam ilmu komputer, pengertian abstraksi adalah proses representasi data dan program dalam bentuk yang sama dengan pengertiannya (semantik), dengan menyembunyikan rincian / detail implementasi. 

{getToc} $title={Daftar Isi}

Abstraksi mencoba menyembunyikan detail agar programmer dapat berfokus pada konsep tertentu saja pada satu waktu. 

Pengertian Abstraksi

Abstraksi merupakan metode yang memang untuk menggeneralisasikan. Proses abstraksi sendiri biasanya menggunakan cara induktif untuk mengidentifikasi serta memperoleh sebuah perilaku atau pola. Abstraksi juga bisa mengidentifikasi prinsip umum untuk menghasilkan pola trend dan keteraturan.

Berdasarkan ilmu komputer menurut beberapa sumber abstraksi adalah suatu proses representasi data serta program dalam bentuk yang sama dalam arti (semantik), dengan menyembunyikan rincian atau detail implementasi. 

Proses abstraksi dapat menyembunyikan detail supaya programmer akan fokus terhadap konsep tertentu saja pada satu waktu.

Fungsi dan Tujuan Abstraksi

Tujuan utama melakukan abstraksi yaitu untuk mengetahui informasi penting dan menyingkirkan Informasi yang tidak terlalu penting, sehingga seseorang bisa menggunakan informasi penting tersebut untuk menyelesaikan persoalan atau permasalahan. 

Dengan kata lain, seseorang yang melakukan abstraksi berarti mampu memilah informasi penting dengan tepat. Ya mirip-mirip memilah gitu deh.

Contoh Penerapan Abstraksi dalam Kehidupan Sehari-hari

Saat ini perkembangan teknologi atau internet sudah semakin maju dan canggih. Sangat mudah bagi kita untuk mendapatkan informasi yang diinginkan. Tentu bagi anak-anak perlu dipersiapkan kemampuan memilah informasi yang dibutuhkan (abstraksi) agar mereka tidak terdistraksi dengan informasi yang tidak penting.

Anda sadari atau tidak, sebenarnya kita sudah sering melakukan abstraksi dalam keseharian kita. Abstraksi bukan hanya berguna pada mata pelajaran komputer saja, tetapi juga dapat diterapkan dalam berbagai kegiatan lintas mata pelajaran.

Guru dan orang tua memiliki peran penting untuk mengenalkan pemikiran komputasional pada anak, termasuk dalam proses abstraksi untuk menyelesaikan sebuah masalah.

Kesimpulan

Dalam hal ini konsep abstraksi adalah proses representasi data dan program dalam bentuk sama dengan pengertiannya, dengan menyembunyikan rincian atau detail dari implementasi.

Abstraksi sendiri merupakan tingkatan pengguna dalam memandang bagaimana sebenarnya data diolah dalam sebuah sistem database. 

Abstraksi bertujuan untuk memudahkan pengguna dalam penggunaan data dan dengan kontrol akses dapat menutup rincian yang tak penting dari unit diluar lampiran yang dipakai.


Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال