Apa itu Kabel Duct, Fungsi Beserta Jenisnya

Pengertian Kabel Duct

Mediawana.com - Kabel duct jadi salah satu peralatan listrik yang harus terdapat dalam instalasi listrik. Apa itu kabel duct? Tidak hanya bisa digunakan buat merapikan kabel apa saja guna kabel duct? Untuk kalian yang belum ketahui apa itu kabel duct dapat menyimak penjelasannya berikut ini. Sebab di mari hendak kami bahas mulai dari penafsiran kabel duct, guna serta tipe kabel duct.

Pengertian Kabel Duct

Kabel duct merupakan salah satu peralatan guna instalasi kabel yang berbentuk rumahan kabel. Secara spesial kabel duct digunakan buat rumahan kabel yang hendak diinstal di dasar permukaan tanah yang ditaruh pada pipa- pipa di dasar permukaan tanah. Kabel duct terencana ditaruh di dasar tanah bertujuan biar jauh dari jarak pandang. 

Maka dari itu kabel ini memiliki tekanan yang besar serta sewaktu - waktu dapat beresiko. Umumnya Kabel duct terbuat dari bahan material PVC dengan bermacam alterasi warna. Walaupun demikian, terdapat pula kabel duct yang terbuat dari bahan baja yang tahan terhadap karat. Pastinya harga kabel duct berbeda- beda bila dilihat dari bahan material buat pembuatannya. 

Fungsi Kabel Duct

Keuntungan kabel duct yang dominan mirip dengan kabel tray yang pakai untuk pelindung kabel pada instalasi listrik. Hanya saja kabel duct ini memiliki sebagian manfaat maupun keuntungan yang lain. lebih jelasnya berikut ini. 

1. Kordinasi jaringan kabel bawah tanah

Kabel duct memiliki peran yang cukup penting dalam Kordinator jaringan yang diletakkan di permukaan bawah tanah. Dalam hal ini umumnya kabel duct yang digunakan yaitu kabel duct yang berbahan baja atau besi yang dapat bertahan dalam waktu yang cukup panjang, sampai bertahun-tahun apa bila dimasukkan ke dalam tanah.

2. Merapikan kabel

Dalam instalasi listrik, kabel duct sangat berfungsi dengan baik untuk merapikan tatanan kabel sehingga terlihat lebih rapi dan aman. Fungsi ini diperlukan pada instalasi listrik di berbagai bidang, terutama pada area pembangunan. Selain rapi, dengan menggunakan kabel duct perawatan instalasi kabel juga menjadi lebih mudah dilakukan.

3. Pemberi informasi

Kabel duct juga kerap digunakan utuk memberikan informasi. Dimana ketika terjadi kerusakan pada masing-masing jaringan, maka kabel duct dapat memberikan informasi. Dengan demikian, maka akan memberikan kemudahan untuk melakukan penanganan dalam kerusakan yang terjadi pada jaringan tersebut.

Jenis Kabel Duct

Berikut ini terdapat beberapa jenis kabel Duct, yaitu.

1. Kabel duct trunking

Kabel duct trunking merupakan kabel jenis duct yang paling sederhana dibandingkan dengan jenis kabel duct yang lainnya. Kabel duct ini sering kali banyak digunakan pada rumah - rumah.

Tujuannya supaya kabel dapat terlindungi dari debu dan juga air yang bisa menimbulkan kerusakan pada kabel. Kabel duct trunking berbentuk kotak atau persegi panjang yang di salah satu sisinya bisa dibuka dan juga ditutup. Tetapi, ada pula yang berbentuk lainnya misalnya seperti trapesium atau setengah lingkaran.

2. Kabel Floor Duct

Kabel floor duct banyak diletakan pada permukaan lantai. Bentuk kabel floor duct berbentuk oval dengan berbagai macam ukuran. Dibuat oval agar orang tidak tersandung dan tidak membahayakan.

3. Kabel crave floor duct

Kabel crave floor duct memiliki bentuk yang mirip gundukan kubah. Kabel crave floor duct biasanya banyak digunaan untuk instalasi listrik pada perkantoran maupun rumahan. kerap kabel crave floor duct ini banyak yang terbuat dari bahan PVC. 

Selain itu jenis kabel ini juga banyak digunakan khusus untuk melakukan pemasangan kabel duct dengan memakai double tape.

Demikian penjelasan tentang pengertian kabel duct, fungsi dan jenis-jenisnya. Semoga penjelasan yang telah admin mediawana.com tulis dapat bermanfaat.


Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال