Pengertian Kurikulum Merdeka Belajar - Apa Itu Kurikulum Merdeka?

Apa Itu Kurikulum Merdeka

Mediawana.com - Apa yg dimaksud Kurikulum Merdeka? Yaitu Hasil gambar untuk kurikulum merdeka.

Merdeka bagi Peserta didik memiliki arti tersendiri, yaitu. Tidak ada program peminatan di SMA, peserta didik dapat memilih mata pelajaran sesuai dengan minat, bakat, dan aspirasinya. 

Merdeka bagi Guru yaitu Guru mengajar sesuai dengan tahap-tahap capaian dan perkembangan peserta didiknya. Bagaimana menurut Anda, Mantap bukan?

Apa sih keunggulan Kurikulum Merdeka?

Lebih sederhana dan lebih mendalam.

Kurikulum Merdeka lebih berfokus pada satu tujuan dan materi yang esensial dan pengembangan kompetensi peserta didik pada fasenya. 

Proses pembelajaran diharapkan menjadi lebih mendalam, bermakna, tidak terburu-buru, dan menyenangkan.

Bagaimana karakteristik pembelajaran Kurikulum Merdeka?

Karakteristik utama dari kurikulum merdeka yaitu Pembelajaran yang berbasis projek untuk pengembangan soft skills dan karakter mereka sesuai dengan profil pelajar Pancasila. 

Dan berfokus pada materi esensial sehingga ada waktu yang cukup untuk pembelajaran yang mendalam bagi kompetensi dasar seperti literasi dan numerasi. 

Kenapa sih pemerintah mengembangkan Kurikulum Merdeka?

Menurut Pak Nadiem, tujuan dibentuknya Kurikulum Merdeka dibuat adalah untuk pemulihan dari ketertinggalan pembelajaran atau recovery dari learning loss akibat pandemi pada masa COVID-19

Apakah Kurikulum Merdeka wajib?

Menteri Pendidikan Kebudayaan Dan Riset Tekhnologi (Mendikud Ristek) tersebut mengatakan bahwa kurikulum merdeka ini bersifat opsional atau tidak bersifat wajib, dalam arti semua sekolah tidak tidak diwajibkan untuk menerapkan kurikulum merdeka.

Apa perbedaan k13 dan Kurikulum Merdeka?

Kurikulum 2013 penilaian dibagi menjadi penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Sedangan Kurikulum Merdeka tidak ada pemisahan antara panilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan. 

Pada Kurikulum 2013 menggunakan buku teks dan buku non-teks. Sedangkan untuk Kurikulum Merdeka Buku teks dan Buku Non-teks.

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال