Pengertian Protokol Telekomunikasi

Pengertian Protokol Telekomunikasi

Mediawana.com - Dalam terminologi telekomunikasi, kata protokol sering sekali digunakan dalam pembahasan beberapa perintah atau aturan dan regulasi yang mengatur proses pertukaran informasi digital antara dua entitas yang jauh. 

Protokol adalah sistem peraturan yang memungkinkan terjadinya koneksi, komunikasi, dan perpindahan data antar dua komputer atau lebih. 

Karena telekomunikasi adalah bidang yang sangat luas yang mewujudkan banyak teknologi komunikasi, banyak protokol bekerja di berbagai bidang komunikasi digital untuk melayani proses pertukaran data. 

Beberapa bagian area utama termasuk protokol komunikasi PSTN (jaringan telepon umum), protokol komunikasi seluler, protokol jaringan data serta protokol komunikasi hibrid. 

Apakah yang dimaksud dengan protocol?

Protokol sendiri berarti kebiasan-kebiasan dan peraturan-peraturan yang berkaitan dengan formalitas, tata urutan dan etiket diplomatik. 

Aturan-aturan protokoler ini menjadi acuan institusi pemerintahan dan berlaku secara universal. 

Protokol adalah sebuah sistem yang berfungsi untuk mengatur proses pertukaran data antar komputer dan jaringan.

Tanpa sebuah protokol, proses hubungan antar komputer tidak akan bisa terjadi dan data tidak bisa diakses dengan baik.

Protokol PSTN

Protokol PSTN atau protokol komunikasi telepon adalah protokol komunikasi yang paling tua dalam aksinya, dan umumnya mengatur proses komunikasi antara pertukaran lokal, telepon rumah dan pertukaran gateway. 

Ada beberapa protokol yang utama termasuk SS7 (sistem pensinyalan 7), SCTP (protokol transmisi kendali aliran), protokol V5.1 /V5.2 dan protokol ISDN (jaringan digital layanan terpadu). 

Protokol-protokol ini terutama melayani prosedur komunikasi suara dalam PSTN. 

Protokol Komunikasi Seluler

Protokol Komunikasi seluler adalah transmisi data ke unit data seluler yang berkeliaran di dalam area jangkauan. 

Prosedur komunikasi adalah bagaimana cara komunikasi data yang layak dan umum, dan memiliki banyak protokol yang dirancang khusus untuk pertukaran data dan prosedur pengendalian transmisi. 

Beberapa protokol komunikasi seluler yang umum seperti BSMAP (bagian aplikasi manajemen stasiun base), 

BSSMAP (bagian aplikasi manajemen subsistem stasiun), BSSAP (bagian aplikasi subsistem stasiun base), DTAP (bagian aplikasi transfer langsung), SMSTP (protokol lapisan transfer layanan pesan singkat) ), BTSM (manajemen stasiun transceiver dasar) dan MAP (bagian aplikasi seluler).

Protokol Komunikasi Data 

Domain komunikasi data memiliki jangkauan semua jaringan lokal, pribadi, dan juga publik yang menggunakan komputer untuk bertukar data di antara penggunanya. 

Beberapa contohnya adalah jaringan area lokal, jaringan area metropolitan, jaringan area luas dan jaringan jaringan - Internet. 

Jaringan ini menggunakan berbagai set protokol komunikasi untuk mengatur dan mengontrol proses komunikasi data, dan beberapa yang utama termasuk TCP (protokol kontrol transmisi), IP (protokol Internet), 

FTP (protokol transport file), HTTP (protokol transfer hiper-teks) ), POP (protokol kantor pos), SMTP (protokol transfer surat sederhana), 

DHCP (protokol kontrol host dinamis), BGP (protokol gateway perbatasan), UDP (protokol datagram terpadu), RTP (protokol waktu nyata) dan RSVP (kontrol reservasi) protokol).

Protokol VoIP 

VoIP (Voice over Internet Protocol) adalah teknologi komunikasi yang memberikan solusi mentransfer data suara, multimedia, dan berbasis teks secara bersamaan melalui satu operator. 

Teknologi yang ini dikembangkan dengan menggabungkan jaringan data dan PSTN, dan untuk alasan ini, cara kerjanya dengan cara menggunakan banyak protokol dari kedua kategori sistem telekomunikasi yang disebutkan. 

Karena hal ini memiliki beberapa protokol khusus yang dikembangkan untuk operasi intinya juga, yang terutama meliputi MGCP (protokol kontrol gateway media).

SIP (protokol inisiasi sesi), H.323, H.248, SDP (protokol deskripsi sesi), SAP (pengumuman sesi protokol), MIME (ekstensi surat Internet multiguna) dan SGCP (signaling gateway control protocol).

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال