Pengertian VoIP, Fungsi dan Cara Kerja VoIP

pengertian voip

Mediawana.com - VoIP adalah teknologi yang dapat melewatkan trafik suara, video serta data yang terbentuk paket melalui jaringan IP.

VoIP  sendiri merupakan kepanjangan dari Voice over Internet Protokol, yaitu merupakan teknologi yang menjadikan media internet agar dapat melakukan komunikasi suara jarak jauh.

Dengan begitu tidak lagi menggunakan saluran telepon konvensional yang melakukan transmisi secara analog.

VoIP juga dapat juga dinamakan dengan IP Telephony. Internet telephony atau Digital phone yang merupakan teknologi untuk dapat melakukan komunikasi jarak jauh dengan memanfaatkan koneksi internet.

Jenis Protokol Pada VoIP

Pada VoIP terdapat beberapa jenis protokol yang diantaranya adalah.

  • H.323.
  • Media Gateway Control Protocol (MGCP)
  • Session Initiation Protocol (SIP)
  • Real-time Transport Protocol (RTP)
  • Session Description Protocol (SDP)
  • Inter-Asterisk eXchange (IAX)

Fungsi VoIP

Fungsi utama dari VoIP ini adalah sebagai media komunikasi jarak jauh dengan memanfaatkan koneksi internet sebagai media komunikasinya. Sehingga penggunaannya menjadi lebih mudah, praktis dan ekonomis, adapun fungsi lain dari VoIP ini yaitu.

Signalling

Signalling difungsikan untuk menangkap jaringan yang akan dituju, sehingga dapat melakukan penyampaian pesan.

Call Connect atau Disconnect

Call Connect atau Disconnect memungkinkan penerima panggilan untuk menerima panggilan atau mengakhiri (memutuskan) panggilan.

Database Service

Pada Database Service difungsikan dalam mencari tujuan akhir atau dinamakan endpoint yang harus dituju dan sebagai penerjemah alamat yang dipakai dalam dua jaringan yang berbeda.

Codecs Operations

Codecs Operations bertugas sebagai coder atau decoder yang digunakan untuk mengubah suara menjadi sinyal digital atau paket data begitupun sebaliknya.

Protokol VoIP

Dalam prosesnya, terdapat beberapa protokol penunjang yang dapat digunakan adalah.

User Datagram Protocol (UDP)

User Datagram Protocol (UDP) merupakan salah satu protokol yang kedudukannya berada diatas IP. Udp dapat mengirimkan data streaming dengan cepat dan terus-menerus. Karena pada User Datagram Protocol (UDP) lebih mementingkan kecepatan pengiriman data, sehingga kemungkinan besar terdapat paket yang dikirimkan tidak legkap.

Transfer Control Protocol (TCP) atau Internet Protocol (IP)

Transfer Control Protocol (TCP) atau Internet Protocol (IP) merupakan protokol yang terbagi menjadi dua bagian yaitu TCP dan IP atau Transfer Control Protocol (TCP) atau Internet Protocol (IP).

Protokol inilah yang menjaga realiabilitas hubungan komunikasi end-Mo-end.

Pada Transfer Control Protocol (TCP) atau Internet Protocol (IP) berperan sebagai pengirim dan penerima pesan atau paket data antar perangkat yang terkoneksi ke dalam jaringan.

Application Layer

Application Layer merupakan tempat pemindahan file yang dilakukan dari satu file ke file yang lainnya dan juga membutuhkan suatu pengaturan atau kontrol untuk mengontrol dalam mengawasi jika nantinya terjadi ketidakcocokan karena file yang berbeda-beda.

Baca Juga : Pengertian Gigabita

Cara Kerja VoIP

Cara Kerja VoIP

Perlu Anda ketahui juga carakerja pada VoIP yaitu mengubah suara analog menjadi paket data digital. Kemudian akan diteruskan melalui Hub/Router/ADSL Modem dari PC dan dikirimkan melalui jaringan internet sehingga nantinya diterima oleh alamat tujuan.

Prinsipnya sederhana, sebelum data dikirim, data yang awalnya berupa sinyal analog akan diubah menjadi data digital menggunakan Analog to Digital Converter (ADC).

Setelah itu data akan ditransmisikan atau dikirim ke alamat tujuan, lalu data akan diubah kembali menjadi data analog dengan menggunakan Analog to Digital Converter (ADC).

kelebihan VoIP

Apa kelebihan VoIP?. Tentunya setiap teknologi memiliki kelebihan dan kekurangan dalam penggunaannya. Begitu juga dengan VoIP, ada beberapa keuntungan yang dimiliki oleh VoIP yaitu.

Biaya yang Rendah

Menggunaka VoIP, komunikasi jarak jauh menjadi lebih mudah. Karena memanfaatkan koneksi internet, biaya yang dikeluarkan juga tidak banyak. alias jauh lebih murah.

Pemanfaatan Infrastruktur Jaringan

Penggunaan VoIP ini jauh lebih menguntungkan mengapa?. Pada sebuah perusahaan yang sudah memiliki jaringan, akan memudahkan pembangunan jaringan VoIP.

Dan tidak perlu adanya tambahan biaya bulanan khusu komunikasi suara.

Bandwidth yang Kecil

Pada masa sebelumnya telepon membutuhkan bandwidth yang lebih besar agar suara dapat didengar dari jarak jauh. Namun sekarang sudah tidak lagi, karena teknologi VoIP hanya perlu 8kbps bandwidth untuk melakukan komunikasi suara.

Dapat digabungkan dengan jaringan telepon lokal

Dengan adanya gateaway dalam jaringan VoIP, memudahkan untuk menyambungkan ke PABX yang ada dikantor. Dengan begitu komunikasi antar kantor dan sejenisnya dapat dilakukan menggunakan pesawat telepon biasa.

Kekurangan VoIP

Selain kelebihan pada penggunaan VoIP, ada juga kekurangannya, diantaranya adalah.

Kualitas Suara Tidak Jernih

Karena VoIP menggunakan banwidth yang kecil, efek yang dirasakan adalah kualitas suaranya yang kecil dan tidak jernih. Dibandingkan dengan telp sekarang ini.

Namun berbeda halnya jika menggunakan koneksi internet dangan Bandwidth (Pita lebar) yang besar, maka kualitas suarana pun akan jernih.

Adanya jeda komunikasi

Penggunaan VoIP sering kali terjadinya jeda saat komuniksi, akibat perubahan suara dari data sehingga jeda jaringan terjadi.

Konfigurasi Khusus

Bagi komputer atau internet yang menggunakan NAT (Network Address Translation) maka perlu adanya konfigurasi khusus dalam pembuatan VoIP agar dapat berjalan lancar.

Kesalahan Sistem Penomoran

Jika pembuatan VoIP tanpa adanya koordinasi yang baik akan berdampak pada kekacauan dalam sistem penomoran, untuk mencegah hal tersebut, akan lebih baik untuk koordinasi sebelum melakukan penggabungan.

Itulah Pengertian VoIP, Fungsi dan Cara Kerja VoIP, bagi Anda yang ingin membuat jaringan VoIP ini. Perlu memahami cara kerja serta memahami struktur dasar untuk membuat jaringan VoIP.

Dengan begitu Anda akan dimudahkan dan meminimalisir kesalahan dalam penggunaannya.

Baca Juga : Pengertian BTS - Base Transceiver Station


Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال