Pengertian MetaCrawler | MetaCrawler Adalah


Mediawana.com - Apa yang dimaksud MetaCrawler ? MetaCrawler/Metasearch Merupakan perantara dari mesin pencari yang sebenarnya. 

Mesin ini hanya akan mengirimkan permintaan pencarian ke berbagai mesin pencari serta menampilkan hasilnya satu di layar browser sehingga akan menampilkan banyak hasil dari berbagai mesin pencari yang ada.

MetaCrawler yang memang merupakan mesin pencari khusus yang dimiliki oleh InfoSpace, yaitu adalah salah satu mesin metasearch pertama. 

Mesin metasearch ini mencari lebih dari satu mesin pencari dan mengumpulkan data atau hasilnya. Tujuannya buat apa?

Untuk tujuan pencarian umum, inisiatif seperti Google Knowledge Graph yang mencapai banyak tujuan yang sama seperti mesin metasearch. 

Hanya saja, dalam industri tertentu seperti industri perjalanan, mesin metasearch semakin populer dengan konsumen karena mereka mengumpulkan hasil di banyak situs web.

Mesin MetaCrawler sering kali mengajukan kueri ke beberapa mesin pencari, situs direktori Internet, situs pemerintah, situs berita dan mesin pencari khusus. 

Yang kemudian mengkonsolidasikan tanggapan menjadi satu tampilan atau report. Ini dapat menghasilkan daftar halaman Web yang lebih komprehensif, maka dari itu termasuk halaman yang mungkin tidak Anda lihat jika Anda mengandalkan hasil mesin pencari tunggal. 

Mesin MetaCrawler populer termasuk Dogpile dan juga Excite.

Mesin MetaCrawler semakin ramai terutama pada industri tertentu. Misalnya saja, tentang keputusan informasi kamar hotel mana yang dipesan untuk perjalanan biasanya tidak didasarkan pada harga saja. 

Bahkan, konsumen rata-rata mengunjungi lima atau enam situs web sebelum memesan kamar dan memilih mana yang terbaik untuk dipesan. 

Mesin MetaCrawler ini mengkonsolidasikan hasil dari beberapa situs dan mengkategorikan hasil sehingga konsumen dapat melihat hasil berdasarkan karakteristik selain dari harga. 

Beberapa mesin MetaCrawler untuk keperluan umum juga menggunakan analisis linguistik untuk mengkategorikan dan membuat tema hasil pencarian untuk menambah nilai dan untuk membuatnya lebih mudah untuk menelusuri lebih dalam hingga subkategori dari hasil pencarian.

Jadi secara singkatnya Pengertian MetaCrawler adalah, sistem tersebut menyimpan kata-kata atau hasil pencarian yang dulu-dulu dan menampilkan kembali dengan komprehensif.

Fungsi MetaCrawler

Fungsi utamanya adalah memang untuk mengindeks konten di internet. Namun ada beberapa hal, yaitu ada beberapa fungsi lain yang juga tak kalah penting.

Membandingkan Harga 

Web crawler dapat membandingkan harga dari suatu produk di internet. Sehingga harga ataupun data dari produk tersebut bisa akurat. Jadi, saat Anda mencari suatu produk, harga produk tersebut akan langsung muncul tanpa perlu masuk ke website penjualnya.

Data untuk Tools Analisis

Tools analisis website seperti Google Search Console dan Screaming Frog SEO mengandalkan web crawler untuk mengumpulkan data-datanya serta melakukan indexing. Sehingga data-data yang dihasilkan selalu akurat dan terbaru.

Data Untuk Statistik

MetaCrawler juga dapat memberikan data-data penting yang dapat digunakan untuk website berita atau website statistik. 

Misalnya seperti, hasil pencarian berita yang akan muncul di Google News. Untuk muncul di Google News, website memerlukan sitemap khsusus yang akan di-crawl oleh web crawler nantinya.

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال