8 Manfaat Email Marketing Bagi Bisnis Online

Manfaat Email Marketing Bagi Bisnis Online

Mediawana.com - Apa Manfaat email marketing? Salah satu manfaat utama dari email marketing adalah untuk mempromosikan konten atau produk dan inovasi. 

Manfaat Email Marketing

Dengan menggunakan email marketing, Anda dapat memilih pelanggan yang sudah lama tidak melakukan pembelian dan mengirimkan hadiah voucher diskon untuk mereka. 

Contoh email marketing seperti Email marketing yang Anda kirimkan akan masuk ke inbox mereka dan memiliki peluang lebih besar untuk dibaca secara langsung oleh pelanggan Anda. Tentu saja akan sangat bermanfaat email marketing bagi bisnis online Anda.

Menggunakan metode Email marketing tentu saja akan mendatangkan banyak manfaat untuk bisnis online yang sedang Anda jalankan. 

Berikut ini adalah manfaat dari email marketing bagi bisnis online Anda. 

1. Lebih Personal

Artinya adalah Anda dapat membangun desain dan ciri khas dari brand Anda, Anda juga bisa menyesuaikan email yang Anda kirimkan menjadi lebih personal dan profesional. 

Karena email marketing akan langsung diterima oleh pelanggan yang bersangkutan, Anda dapat menyapa dengan menyebutkan nama mereka. 

Tentunya, semua ini bisa diatur secara otomatis sehingga Anda tidak perlu mengetik nama mereka satu persatu.

2. Menjaga Relasi Dengan Pelanggan

Apakah kamu pernah mendengar istilah CRM? CRM (Customer Relationship Management) adalah aktivitas dan strategi yang dilakukan untuk mempertahankan pelanggan yang sudah ada agar menjadi pelanggan yang setia dan terus membeli produk Anda. 

Bagi sebagian bisnis pemula mungkin aktivitas seperti ini kurang diperhatikan karena dianggap sulit dan membutuhkan biaya yang tidak sedikit. 

Hal ini merupakan anggapan yang keliru. Maka dari itu, artikel ini akan mengumpas tuntas mengenai Manfaat email marketing dalam bisnis.

Dengan menggunakan email marketing, Anda dapat memilah pelanggan yang sudah lama tidak melakukan pembelian dengan begitu Anda bisa mengirimkan promo atau voucer. 

Email marketing yang Anda kirimkan akan masuk ke inbox para pelanggan yang dituju dan memiliki peluang lebih besar untuk dibaca secara langsung oleh pelanggan Anda.

3. Media Survey

Media Survey sangat diperlukan untuk kemajuan brand dan bisnis Anda untuk mengukur sejauh mana Anda berusaha.

Dalam menyusun sebuah strategi ada kalanya Anda perlu melakukan survey untuk mendukung data yang ada. 

Bila pelanggan Anda sesuai dengan kriteria responden yang diperlukan, Anda dapat memanfaatkan email marketing untuk mengirimkan kuesioner dan menawarkan reward apabila mereka berkenan menjawab kuesioner yang Anda kirimkan.

4. Media Komunikasi Dua Arah

Manfaat email marketing yang kedua adalah berkomunikasi secara dua arah, komunikasi melalui email sering kali membawa kesan lebih profesional daripada melalui media sosial, maka dari itu dengan menggunakan email marketing Anda dapat memberikan kesan profesional meskipun bisnis Anda tergolong masih baru.

5. Informasi Lebih Cepat Terkirim

Mengirim pesan melalui email sangat mudah dan cepat untuk dilakukan. 

Dengan begitu informasi dan layanan Anda sangat cepat tersampaikan sehingga pelanggan langsung bisa menerima informasi tersebut. 

Selain itu, email marketing ini juga lebih hemat waktu dan biaya jika dibandingkan dengan iklan lewat radio, TV, media cetak, maupun di sosial media. 

6. Adaptif dengan Karakteristik Pelanggan

Email marketing juga menyediakan tools atau fitur yang memungkinkan Anda untuk mengirim email ke beberapa pelanggan dengan karakteristik tertentu. Dengan begitu, produk dan layanan yang Anda pasarkan akan menjangkau calon pelanggan yang tepat dan lebih efisien.

7. Menjangkau Konsumen dari Berbagai Wilayah

Dengan menggunakan metode Email marketing, Anda dapat menjangkaun bagian, atau wilayah yang lebih luar dan tertarget.

Pastinya Anda sudah tahu kalau peluang bisnis dari email marketing itu sangat luas karena kemampuannya dalam menjangkau konsumen dari berbagai wilayah.

8. Lebih Hemat Biaya

Menggunakan email marketing sebagai media promosi lebih hemat biaya dibandingkan mencetak brosur atau memasang iklan pada tempat umum. 

Sehingga peluang email marketing Anda untuk memperoleh respon masih cukup besar. 

Itullah Manfaat Email Marketing Bagi Bisnis Online yang dapat Anda gunakan sebagai keuntungan bisnis.

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال