Apa Itu Telnet? Pengertian Beserta Fungsinya

Apa itu telnet

Mediawana.com - Telnet adalah protokol jaringan yang digunakan untuk mengakses komputer secara virtual.

{getToc} $title={Daftar isi}

Pengertian Telnet

Dan menyediakan saluran komunikasi dua arah, kolaboratif, dan berbasis teks antara dua mesin. Atau memungkinkan penggunanya dapat berinteraksi, berkomunikasi dengan perangkat melalui jaringan.
 
Artinya adalah sebuah kunci pembuka internet yang memungkinkan untuk membuka data di perangkat lain di dalam internet. Ya mirip-mirip seperti remote atau kontrol jarak jauh, sehingga tidak perlu melakukannya secara manual.
 
Telnet sendiri dikembangkan pada tahun 1969-an, pada saat telnet dalam tahap pengembangan dulunya sebelum adaptasi arus internet menjadikan telnet tidak memiliki bentuk enkripsi apapun.
 
Telnet dapat menjalankan komunikasi (Interaksi) dua arah antara client menuju server atau sebaliknya.


Sejarah Telnet

Protokol TELNET sudah lama berkembang pada masanya, dahulu pada tahun 1960, 1970 dan 1980. Telnet dibuat untuk (OS) Sistem Operasi yang beroperasi di lingkungan time-sharing. 

Pada saat itu komputer yang berkapasitas besar contohnya seperti, komputer mainframe atau nama lain komputer midframe mendukung banyak dari akses pengguna menggunakan terminal pengguna. 

Apa itu Terminal, Terminal adalah tempat pengguna bekerja atau tempat untuk mengontrol, yang terdiri dari perangkat tampilan (printer), keyboard dan untuk input pengguna dan juga mouse.

Telnet yang merupakan kepanjangan dari Teletype Network memiliki arti yaitu sebuah protokol yang memungkinkan penggunanya untuk masuk atau mengakses ke prompt perintah komputer jarak jauh dan bekerja di baris perintah komputer itu, 

Jadi seolah-olah duduk di konsol lokal komputer jarak jauh itu. Telnet merupakan salah satu protokol tertua di seluruh rangkaian protokol TCP/IP.

Dahulu Telnet awalnya disebutkan dalam RFC 15 pada 25 September 1969 dan kemudian di RFC 206 pada 9 Agustus 1971.

Masih bingung ?. Tenang, kita bahas sampai tuntas. Telnet adalah protokol tipe Client ataupun Server. 

Komputer klien adalah tempat pengguna duduk dan masuk ke server jarak jauh. 

Berikutnya adalah Server yang memungkinkan klien untuk menghubungkan konsol terminalnya atau sering disebut dengan command prompt.

Server memungkinkan komputer klien jarak jauh untuk menjalankan perintah secara interaktif atau komunikasi di atasnya.

Fungsi Telnet

Fungsi Telnet yaitu dapat digunakan untuk berbagai segala aktivitas pada server, seperti mengedit file, menjalankan berbagai program dan memeriksa email.

Berikut beberapa fungsi pada Telnet.

  • Telnet dapat digunakan untuk memecahkan masalah (algoritma) serta dapat digunakan untuk menguji server web ataupun email.
  • Dapat digunakan untuk membuat sebuah jaringan perusahaan untuk masuknya aplikasi host.
  • Telnet adalah protokol komputer yang menyediakan layanan komunikasi (Interaksi) dua arah antara komputer melalui jaringan area lokal ataupun internet.
  • Dapat berjalan melalui jaringan aman untuk aplikasi pengumpulan data seluler.
  • Beberapa katalog pada library yang hanya dapat diakses lewat Telnet.

Kelebihan Telnet

  • Memungkinkan membuat jaringan sekolah untuk menguji akses dari perangkat ke port tertentu di server eksternal.
  • Memperbaiki masalah konfigurasi router.
  • Konfigurasi pada perangkat keras jaringan dapat dicapai dengan menggunakannya.
  • Dapat konfigurasi persetujuan iya atau tidaknya untuk akses jarak jauh ke komputer lain.
  • Dapat menerima banyak sistem operasi yang berbeda.
  • Dapat membantu menghemat waktu (Timing), konfigurasi konektivitas, dan penyelesaian tugas di komputer yang berbeda dengan cepat.
  • Mudah digunakan secara fleksibel di komputer mana pun.

Cara Kerja Telnet

Cara kerja Telnet yaitu dapat menyediakan pengguna dengan sistem komunikasi yang saling interaktif secara dua arah dengan memanfaatkan koneksi terminal virtual lebih dari 8 byte. Data pengguna diselimuti in-band dengan informasi kontrol telnet melalui protokol kontrol transmisi (TCP). Tidak jarang, Telnet digunakan pada terminal untuk menjalankan tugas atau fungsi dari jarak jauh.


Baca Lainnya : Pengertian Open Source
Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال