Radiasi Elektromagnetik - Pengertian dan Contoh Radiasi Elektromagnetik

 Radiasi elektromagnetik 

Mediawana.com - Radiasi Elektromagnetik merupakan kombinasi medan listrik dan medan magnet yang berosilasi dan merambat melewati ruang dan membawa energi dari satu tempat ke tempat lainnya.

Radiasi elektromagnetik pertama kali ditemukan oleh Heinrich Hertz. Gelombang elektromagnetik juga termasuk gelombang transversal.

Coba kita bahas Pengertian Radiasi elektromagnetik dengan perlahan.

Setiap muatan listrik yang mempunyai percepatan memancarkan radiasi elektromagnetik.

Ketika kawat atau penghantar seperti antena menghantarkan arus bolak-balik. Arus bolak-balik adalah arus yang polaritasnya berubah pada siklus yang teratur.

Masih bingung dengan arus bolak-balik?. Jadi gini, arus bolak-balik adalah sebuah arus yang menghasilkan tegangan bolak-balik atau berubah-ubah, kadang negatif kadang juga positif.

Oke, kita lanjut.

Radiasi elektromagnetik dirambatkan pada frekuensi yang sama dengan arus listrik. Itupun tergantung pada situasi.

Gelombang elektromagnetik dapat bersifat seperti gelombang atau partikel.

Sebagai gelombang, dicirikan oleh kecepatan (kecepatan cahaya) panjang gelombang dan frekuensi.

Jika dipertimbangkan sebagai partikel, mereka diketahui sebagai foton, dan masing-masing dari mereka mempunyai energi berhubungan dengan frekuensi gelombang ditunjukan oleh hubungan Planck E = Hf. yang mana E adalah energi foton, dan h adalah konstanta Planck 6.626 x 10 −34 J·s — dan f adalah frekuensi gelombang.

Electromagnetic-Spectrum

(Electromagnetic-Spectrum)

 


Sinar kosmis tidak termasuk kedalam gelombang elektromagnetik karena panjang gelombang lebih kecil dari 0,0001 nm.

Sinar dengan panjang gelombang yang cukup besar yaitu gelombang radio dan infra merah serta memiliki frekuensi dan tingkat energi yang lebih rendah.

Sinar dengan panjang gelombang kecil adalah ultra violet, sinar x (sinar rontgen) serta sinar gamma yang memiliki frekuensi dan tingkat energi yang lebih tinggi (nafs).

Baca Juga : Pengertian Isyarat Analog

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال