CD-ROM - Pengertian dan Fungsi CD-ROM Pada Komputer

 


Mediawana.com - Anda pastinya sudah mengetahui banyak tentang CD atau DVD ROM. Tapi pada kesempatan kali ini kami akan kembali mengingatkan pengertian dan fungsi dari CD atau DVD ROM, dengan mengetahui apa itu CD atau DVD ROM, Anda dapat mengetahui lebih dan mendalam tentang CD atau DVD ROM. Apa lagi, Anda mengambil sekolah atau kuliah dengan jurusan komputer. Tentu saja, hal ini wajib Anda ketahui pelajari. 

Artikel ini akan pemperjelas secara lengkap mengenai CD atau DVD ROM. Berikut Pengertian dan Fungsi CD-ROM Pada Komputer.

Pernah tidak? ketika Anda ingin membeli CD, kemudian si penjual bertanya, mau CD-R atau CD-RW? Keduanya ini berbeda loh, apa saja perbedaannya? Berikut penjelasan selengkapnya.

Pengertian  dan Fungsi CD-ROM

CD ROM (Compact Disk Read Only Memory) adalah perangkat keras pada komputer yang berbentuk kotak atau persegi yang berfungsi untuk membaca data pada CD (Compact Disk). CD-ROM juga berarti bahwa CD ROM Drive yang mana, hanya bisa digunakan untuk membaca sebuah CD saja yang artinya adalah CD-ROM dibedakan menjadi 2, yaitu menurut tipenya : ATA/IDE dan SCSI.

Lalu bagaimana dengan fungsinya?. Berikut fungsi dari CD atau DVD ROM.

  1. Fungsi utama dari CD-ROM ini adalah untuk membaca data pada CD dan melakukan burning ke CD (Compact Disc).
  2. CD-ROM juga sebagai alat menyimpan data yang menggunakan piringan CD yang dapat menampilkan data tersebut di perangkat lain.
  3. CD-ROM merupakan salah satu media data yang ada atau digunakan dalam perangkat komputer.
  4. Sebagai media untuk melakukan instalasi OS/Sistem Operasi.
  5. Dapat digunakan untuk data game.
  6. Menyimpan semua data aplikasi.
  7.  Menyimpan data sekolah, tugas atau kerjaan Anda.
  8. Sebagai media untuk menyimpan data penting Anda, Seperti gambar, foto, video, dokumen, atau lainya.

 

Macam-Macam CD (Compact Disc)


1. CD-R (Compact Disc Recordable)

CD-R adalah jenis CD yang dapat membaca data yang ada didalam CD tersebut sekaligus menyimpan atau record data sekali.
Pada umumnya CD-R terbuat dari polikarbonat yang bisa menyimpan data hingga 700mb yang dapat bertahan sampai 1 - 3 tahun, bahkan juga lebih dari itu tergantung Anda menyimpannya.
 
Jadi seperti ini, jika Anda melakukan burning ke CD (Burning artinya memindahkan data ke CD) dan mengisi data agar dapat disimpan ke dalam CD untuk dilihat diperangkat lain atau untuk disimpan dalam jangka waktu lama untuk kenang kenangan atau bisa saja Anda ingin mengumpulkan tugas sekolah, kuliah atau kerjaan.

Pada jenis CD-R ini kita hanya bisa mengisi data satu kali, seterusnya kita tidak bisa memasukkan data lagi dan hanya bisa di baca saja.

2. CD-RW (Compact Disc Read & Write)

CD-RW adalah CD (Compact Disc) jenis yang dapat digunakan untuk menulis atau membaca secara berulang, Perhatikan lagi label pada namanya ada huruf RW yang berarti Read & Write. Maksudnya adalah CD jenis seperti ini mampu membaca data sekaligus menulis. Yang artinya adalah data-data yang ada di CD jenis ini sewaktu-waktu bisa dihapus kemudian dimasukkan lagi data yang baru. Ya kira kira sama seperti Flashdisk atau Flashdrive jadi kita dapat mengisi atau menghapusnya kembali.

Kelebihan CD jenis ini (RW) adalah dapat digunakan berkali-kali dengan data yang berbeda. Perbedaan lainnya adalah dari harga, biasanya CD-RW akan sedikit lebih mahal dibanding dengan CD-R. Kemudian untuk kapasitasnya juga sama-sama 700mb.

Jika Anda masih belum mengerti tenang, jadi kesimpulannya adalah:

 
  • Jika Anda memiliki CD-R maka Anda dapat mengisi data kedalam CD-R dan setelah itu Anda dapat melihat data tersebut di perangkat lain, tapi data yang ada di CD-R tersebut tidak dapat dihapus atau diformat, jika Anda salah memasukan data, maka mau tidak mau Anda harus menggantinya dengan CD-R yang baru dan masukan kembali datanya. Jadi hanya sekali isi setelah itu hanya dapat dilihat saja.
  • Jika Anda memiliki CD-RW Anda dapat mengisi data kedalam CD-RW, namu jika Anda salah memasukan data Anda dapat menghapus atau memformat CD-RW tersebut jadi CD-RW kembali kosong, Anda dapat mengisi kembali data Anda, setelah itu Anda dapat melihat data yang sudah Anda masukan tadi.

Pilih CD-R atau CD-RW?

Pilih CD-R atau CD-RW?. Yang pastinya sesuaikan dengan kebutuhan Anda, Jika Anda ingin mengumpulkan tugas sekolah, kuliah atau kerjaan lebih baik pilih saja yang CD-R. Karena CD-R hanya sekali pakai saja, setelah Anda masukan berkas atau dokumen ke dalam CD-R berkas yang ada didalam CD-R hanya dapat dilihat saja, jadi tidak dapat dirubah/edit kembali datanya atau mem-formatnya, jika Anda tidak ingin seseorang mengedit atau menghapus data file Anda maka pilihan CD-R sudah tepat, selain itu tentu saja harganya yang tidak mahal alias murah dan hemat.

Untuk harga jenis CD-R ini pada umumnya adalah Rp. 4.000 - Rp. 7.000. Ingat ukuran yang dapat ditampung hanya 700mb. Tidak lebih dari itu, jika lebih dari itu, data tidak dapat masuk kedalam CD-R, namun jika kurang dari 700mb data masih bisa masuk.


Lalu bagaimana dengan CD-RW, pada jenis ini data file atau berkas Anda masih dapat dihapus atau diformat, lalu isi lagi deh dengan data yang baru, layaknya sebuah flashdisk, soal harga tentu saja sedikit lebih mahal yaitu sekitar Rp. 6.500 - 9.000. untuk ukuran kapasitas pada CD-RW sama seperti CD-R yaitu 700mb.

Harga CD-R atau CD-RW yang telah kami sebutkan diatas tidak menjamin harga di toko sama dengan  yang sudah disebutkan diatas ya. bisa jadi lebih murah atau lebih mahal.

Bagaimana cara kita tau CD-R atau CD-RW? Lihat gambar di bawah ini.


Bagaimana sudah terlihat perbedaanya. tentu saja. Untuk setiap jenis CD sudah ada labelnya CD-R atau CD-RW, jadi Anda tidak perlu bingung karena sudah ada labelnya.
 
Untuk masalah merek tidak perlu khawatir atau cemas, semua merek bagus kok dan tidak cepat rusak. Asalkan CD tersebut tidak lecet dibagian bawahnya ya, gunakan wadah atau tempat pelindung agar tidak tergores.

Bagaimana jika tergores?

Biasanya jika CD tergores atau lecet baik itu jenis CD-R atau CD-RW akan ada beberapa masalah seperti data atau file Anda tidak dapat terbaca dengan normal atau bahkan tidak dapat terbaca sama sekali.

Tenang dulu jangan cemas atau gelisah apa lagi langsung dibuang, coba Tips atau langkah berikut.

Membersihkan goresan dengan pasta gigi

1. Yang pertama adalah siapkan CD yang tergores atau lecet.
 
2. Siapkan kain, kapas atau tisu yang lembut, ingat gunakan yang lembut.
 
3. Ambil pasta gigi, lalu oleskan pada kain yang lembut dan usapkan dengan halus pada permukaan yang lecet atau tergores. Ingat usaplah searah atau melingkar.
 
4. Gosok secara berulang dengan lembut dan kasih sayang sampai goresan terlihat lebih baik dari sebelumnya.

5. Bersihkan dengan air yang mengalir, pastikan jangan terlalu deras airnya atau bukaan keran air nya karena dapat menyebabkan lecet pada permukaan CD (Compact Disc).

6. Jika Anda menggunakan wadah air, bilas atau bersihkan dengan lembut dan kasih sayang hingga bersih,

7. Setelah selesai keringkan CD (Compact Disc) dari air hingga benar benar kering dan bersih.

8. Silakan coba apakah data Anda dapat terbaca atau tidak. cara ini tidak menjamin 100% untuk memperbaiki CD Anda yang tergores atau rusak yang menyebabkan rusaknya data Anda, namun tidak ada salahnya dicoba dan dipraktikan untuk untuk meminimalisir kerusakan. 



Membersihkan goresan CD dengan pisang
 
Selain enak dimakan, pisang juga dapat membantu memperbaiki CD Anda yang tergores loh. Namun sayangnya, hasil yang diciptakan tidak sebagus jika kita menggunakan pasta gigi, tetapi tidak ada salahnya untuk dicoba.

1. Langkah pertama yaitu siapkan CD Anda yang tergores.

2. Oleskan pisang secara melingkar satu arah pada permukaan CD yang tergores, oleskan sampai merata dan dengan lemah lebut.

3. Setelah selesai bilas atau bersihkan dengan air mengalir dengan bukaan keran yang tidak terlalu kencang agar tidak menambah gores pada permukaan yang lecet, bersihkan dengan lembut hingga bersih.
 
5. Bersihkan sekali lagi dengan cairan pembersih kaca (langkah ini dapat Anda lewatkan).

6. Keringkan CD hingga benar-benar kering ya, agar tidak ada kendala nantinya.
 

Membersihkan Goresan dengan Kayu Putih
 
Cara ini sudah biasa digunakan kebanyakan orang untuk menghilangkan goresan pada permukaan CD.

1. Pertama siapkan minyak kayu putih dan kain yang halus dan lembut.

2. Teteskan 2-3 minyak kayu putih di atas kain lembut.

3. Usaplah dengan lembut dan halus dipermukaan CD yang tergores hingga menjadi lebih baik dari sebelumnya.

4. Usap atau bersihkan hingga rata dan pastikan satu arah tidak perlu lama-lama cukup 3-4 menit saja.

5. Setelah selesai Anda dapat membersihkan dengan air (Tidak wajib) atau Anda dapat Meng-angin anginkan hingga kering.


Membersihkan CD dengan Brasso
 
Kalau semua cara diatas tidak berhasil, Brasso sebenarnya bisa juga dijadikan alternatif. Caranya tidak jauh beda dari sebelumnya, mirip-mirip gituh deh.
 
1. Siapkan CD yang akan Anda bersihkan dari goresan.

2. Siapkan juga kain lembut dan halus.

3. Teteskan Brasso keatas kain yang lembut tersebut. kurang lebih 2-4 tetes jangan banyak-banyak.

4. Setelah itu usaplah atau bersihkan dengan lembut dan penuh dengan kasih sayang usaplah secara merata dan satu arah hingga goresan sedikit menghilang atau membaik dari sebelumnya.

5. Setelah selesai bersihkan permukaan CD sampai kering, Anda dapat meng-angin anginkan atau biarkan sampai kering.

6. Silakan dicoba apakah ada kemajuan atau tidak.


Bagaimana? apakah Anda sudah mencoba salah satu cara diatas. Data Anda didalam CD berharap ada harapan dapat diperbaiki atau diatasi, cara tersebut tidak menjamin 100% akan terselesaikan, namun tidak ada salahnya dicoba dengan cara diatas secara hati-hati, setidaknya ada harapan kecil data Anda akan terselamatkan.

Bagaimana cara menyimpan dan merawat CD?


 
Untuk Anda yang memiliki CD atau mengoleksi CD pastinya sangat berharga bukan karena harganya, tetapi karena isi didalamnya bukan?. 
Memang benar data berupa kenangan atau berharga adalah suatu yang sangat mahal, jika memang begitu tidak ada salahnya merawat dan menyimpan CD dengan baik dan bebas dari kerusakan. 
Berikut kami berikan Tips untuk merawat dan menyimpan CD Anda dengan baik dan benar.


1. Pilihlah CD yang baik

Arti baik disini adalah dari sisi keutuhan pada kondisi CD (Compact Disc). Pilihlah dengan kondisi yang tidak lecet, tidak pernah terjatuh, atau tertindih atau tertimpa benda lain, hal tersebut dikarenakan dapat memperburuk kondisi pada CD meskipun terlihat baik baik saja.
 

2. Sisakan Ruang Bebas pada CD

Artinya adalah jika Anda memiliki CD dengan kapasitas 700mb, data Anda seharusnya tidak disarankan pas 700mb. Mengapa?, karena CD membutuhkan ruang lebih untuk sistem mereka atau file infomasi atau file lainya yang dibutuhkan pada CD.

Jadi harus bagaimana?, Anda disarankan memiliki ruang bebas beberapa mb, jika Anda bingung sisakan saja 10 sampai 30mb. Jadi seperti ini, jika Anda memiliki CD dengan kapasitas 700mb, maka data Anda seharusnya disarankan 670-690mb, jadi sisakan saja sedikit ruang untuk CD Anda, ya sederhananya berilah ruang untuk bernapas, karena kita tidak tau file tambahan apa yang dibutuhkan oleh CD.
 

3. Pastikan Kecepatan Proses Burning

Proses burning adalah proses pembakaran, bukan dibakar loh ya, burning atau pembakaran biasa atau sering disebutkan beberapa orang dengan latar belakan IT (Orang Komputer).

Lalu apa sih, burning itu?. Proses burning adalah proses pemindahan data Anda kedalam CD tentu saja dengan bantuan komputer, lebih tepatnya adalah burning = pemindahan data ke dalam CD (Compact Disc).

Sebelumnya juga ada kata pembakaran pada penjelasan diatas, apa itu proses pembakaran, yaitu proses pemindahan data kedalam CD, loh kok sama?. Ya, jadi gini sejarah awalnya ada sebagian orang yang menyebutnya dengan proses pembakaran pada CD.

Ingat CD-ROM?. CD-ROM adalah alat yang biasa ada pada komputer yang dapat membaca data kita di dalam CD, namun jika Anda memiliki data yang akan dipindahkan ke dalam CD, harus menggunakan CD/DVD-ROM, sementara CD-ROM ini menggunakan cahaya laser yang akan menyentuh pada permukaan kaset atau CD (Compact Disc). Nah proses ini yang dinamakan dengan pembakaran, karena cahaya laser ini bersifat panas, biasanya di sebut dengan lensa optik, lihat gambar berikut.


Inilah yang dinamakan lensa optik yang memancarkan sinar laser merah ke permukaan CD yang akan menulis data Anda dari komputer ke CD tersebut.

Pada saat melakukan proses burning atau pemindahan data ke CD, jangan menggunakan kecepatan maksimal yang ada pada software tersebut, karena nantinya kita akan memilih mau seberapa cepat data kita dipindahkan ke dalam CD tersebut.

Cara yang baik dan benarnya adalah gunakan kecepatan rendah saja seperti 8x atau 16x. biasanya kita diminta untuk memilih mau seberapa cepat prosesnya, 6x, 8x, 16x, 32x pilih saja yang sedang, kenapa? 
 
Untuk meminimalisir terjadinya korup atau error pada data Anda, bisa saja Anda menggunakan dengan kecepatan tinggi, tapi untuk jaga jaga saja gunakan yang sedang, ibaratkan kita belajar mengendarai sepeda lalu kita diminta 1 jam harus bisa pandai bersepeda, pastinya Anda akan berlatih lebih cepat bukan?. Anda dapat cenderung akan jatuh atau bahkan menabrak pohon, itu hanya kemungkinan kecil saja.

Begitu pula pada CD, memang tidak masalah menggunakan kecepatan tinggi tapi ya, buat jaga jaga aja, agar data aman dan lebih awet tentunya.


4. Perhatikan Tempat penyimpanannya
 
Siapa nih yang habis pakai tidak disimpan kembali ketampatnya, hal ini dapat berdampak pada kondisi CD loh. Jika Anda menyimpan secara acak meja misalnya atau lantai, risiko hilang atau terinjak bahkan dapat mengakibatkan kerusakan loh, jika data Anda tidak terlalu pentih mungkin wajar, namun jika data Anda sangat berharga bagaimana?. 

Pastinya sakit, data kenangan satu-satunya atau file dokumen satu-satunya, hilang untuk selamanya.

Solusinya adalah bereskan kembali CD yang Anda gunakan ketempat yang aman atau tempat asalnya.

5. Bersihkan CD secara Rutin
 
Gunakan pembersih khusus dengan bahan halus dan lembut untuk membersihkan CD dari kotoran atau debu, bersihkan dengan hati-hati.

6. Perhatikan Cara Memegang/Pegang
 
Pastikan jangan pegang bagian bawah CD ya, untuk menghindari bekas tangan Anda, karena dapat meningkatkan tingkat kerusakan pada CD.

Peganglah CD dengan cara memasukan jari telunjuk ke dalam lubang pada bagian tengah CD, setelah itu jepis dengan menggunakan jempol.

Bagaimana apakah Anda merasa senang dengan pembahasan diatas, itulah informasi mengenai CD-ROM - Pengertian dan Fungsi CD-ROM. Semoga dapat membantu Anda menemukan solusi dan bermanfaat untuk kita semua. Kerima Kasih.


Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال