Peran teknologi bagi pendidikan

Peran teknologi bagi pendidikan

Dipublikasikan oleh : Ahmad Linas - Universitas Pamulang

Mediawana.comSaat ini, teknologi memiliki peran penting dalam dunia pendidikan kita. Berbagai alat seperti laptop, personal computer, smartphone, tablet, dan lainnya telah hadir dalam keseharian kita untuk membantu kegiatan sehari-hari, terutama dalam mencari dan menemukan informasi.

Kelebihan Teknologi dalam Pendidikan:

Smartphone sebagai alat kecil yang mudah dibawa kemana-mana telah menjadi alat yang tidak lepas dari diri kita. 

Fungsinya sebagai alat multi-tasking, untuk browsing internet, membuka E-book, membuka social media, melakukan chat, telepon, video call, dan melakukan hal bermanfaat lainnya, semuanya bisa dilakukan berkat aplikasi dan teknologi yang tersedia bahkan untuk dunia pendidikan sekalipun.

Selain itu, teknologi juga membantu kegiatan pembelajaran jarak jauh yang semakin dibutuhkan di masa pandemi ini. Aplikasi seperti Zoom, Google Classroom, Google Meet, dan Youtube menjadi alat pembelajaran yang efektif bagi guru sekolah dan dosen perguruan tinggi. Siswa dan mahasiswa pun dapat memahami materi yang dijelaskan dengan baik.

Tantangan Teknologi dalam Pendidikan:

Namun, ada juga tantangan yang dihadapi dalam pemanfaatan teknologi dalam pendidikan. Tidak semua orang memiliki akses internet yang cepat dan alat yang mendukung kegiatan pembelajaran, terutama di daerah terpencil. Selain itu, banyak orang yang tidak mampu membeli alat dan memerlukan bantuan untuk memperoleh akses teknologi.

Kegiatan pembelajaran jarak jauh tanpa bimbingan dari pengajar juga tidak akan berjalan secara efektif dalam melihat perilaku peserta didik atau behavioral skills yang baik. 

Dalam kegiatan pembelajaran, peran pengajar masih sangat penting agar peserta didik siap dalam mengasah kemampuan mereka untuk dimanfaatkan dalam kegiatan bermasyarakat dan dalam pekerjaan mereka nantinya.

Kesimpulan:

Meski teknologi di masa depan akan semakin berkembang dan dimanfaatkan dengan baik, peran pengajar dalam kegiatan pembelajaran harus dilakukan secara efektif dan efisien. Terutama dalam mendidik peserta didik dalam tata karma dan perilaku yang baik, yang akan berperan penting dalam kegiatan bermasyarakat nantinya. 

Oleh karena itu, perlu dilakukan penyesuaian dalam sejauh mana kemampuan pelajar dalam pemanfaatan teknologi, dan juga perlu dilakukan sosialisasi kepada murid dan teman-teman kita untuk menggunakan teknologi dengan lebih bijak dan kritis.

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال