Pengertian Fagositosis, Berikut Penjelasannya

Pengertian Fagositosis, Berikut Penjelasannya

Mediawana.com - Fagositosis adalah proses seluler dari fagosit dan protista yang menggulung partikel padat dengan membran sel dan membentuk fagosom internal. 

Pengertian Fagositosis

Fagositosis adalah bentuk spesifik dari endositosis yang melibatkan internalisasi vesikular terhadap partikel padat, seperti bakteri, dan bentuk lain yang cukup berbeda dengan fagositosis, yaitu pinositosis, yaitu internalisasi vesikular terhadap berbagai cairan. 

Fagositosis bertanggung jawab terhadap akuisisi nutrisi pada beberapa sel, dan di dalam sistem imunitas, fagositosis adalah mekanisme utama untuk menghilangkan patogen dan serpihan sel. Bakteri, sel mati jaringan, dan partikel mineral kecil adalah contoh objek yang akan difagositasi.

Proses ini mirip dengan proses memakan pada tingkat sel tunggal organisme. Di makhluk multiseluler, proses telah diadaptasi untuk mengeliminasi serpihan dan patogen.

Fagositosis adalah proses yang penting dalam sistem kekebalan tubuh kita. Ini adalah proses di mana sel-sel fagosit, seperti makrofag dan neutrofil, menelan bakteri, virus, dan partikel asing lainnya dan menghancurkannya.

Sel fagosit adalah bagian penting dari sistem kekebalan tubuh kita, yang membantu melindungi tubuh dari invasi patogen dan benda asing lainnya. 

Ketika patogen masuk ke dalam tubuh, sel fagosit mengenali mereka sebagai benda asing dan mulai bergerak menuju lokasi infeksi. Mereka menelan dan menghancurkan patogen melalui fagositosis.

Proses fagositosis dimulai ketika sel fagosit mengenali patogen melalui protein pengenalan pola pada permukaan sel. 

Setelah pengenalan patogen, sel fagosit memproyeksikan pseudopodia ke arah patogen, dan mengepungnya. Lalu, sel fagosit melapisi patogen dan menariknya ke dalam sel. Setelah terperangkap di dalam sel, patogen dihancurkan oleh lisosom, organel sel yang berisi enzim pencernaan.

Selain melindungi tubuh dari infeksi, fagositosis juga terlibat dalam proses penyembuhan luka dan pemulihan jaringan. Sel fagosit membantu membersihkan jaringan dari sel-sel mati dan sisa-sisa sel yang rusak, sehingga proses penyembuhan dapat berjalan lebih cepat.

Namun, terkadang sel fagosit dapat mengalami disfungsi, yang dapat menyebabkan gangguan pada sistem kekebalan tubuh. 

Misalnya, gangguan pada sel fagosit dapat menyebabkan infeksi berulang atau bahkan autoimunitas, di mana sistem kekebalan menyerang sel-sel sehat dalam tubuh.

Secara keseluruhan, fagositosis adalah proses penting dalam sistem kekebalan tubuh kita. 

Dengan menghancurkan patogen dan membantu membersihkan jaringan dari sel-sel mati dan sisa-sisa sel yang rusak, sel fagosit membantu menjaga kesehatan tubuh kita.

 

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال