Cara Cetak Kartu PIP (KIP) Digital Siswa Madrasah


Mediawana.com - Program Indonesia Pintar atau PIP merupakan sebuah program yang bertujuan untuk membantu siswa dalam mendapatkan layanan pendidikan semaksimal mungkin. 

Program Indonesia Pintar atau PIP ini di prioritaskan dan diutamakan hanya untuk siswa yang kurang mampu atau dengan kata lain untuk siswa dari keluarga miskin/rentan miskin.

PIP yang diberikan kepada siswa berupa uang tunai yang bisa dicairkan melalui rekening bank pribadi milik siswa yang menerimanya.

Adapun pencairan dana PIP untuk siswa ini biasanya per tahap setiap tahunnya, misalnya mulai dari tahap 1, tahap 2, tahap 3 dan sampai seterusnya.

Tujuan diberikannya PIP atau Program Indonesia Pintar kepada siswa yang kurang mampu adalah untuk menghindari siswa dari yang namanya putus sekolah, dan justru dengan adanya PIP ini diharapkan agar para siswa dapat menyelesaikan pendidikan minimal hingga sekolah menengah atas.

Cara Cetak KIP Digital

Untuk melakukan pengunduhan serta mencetak Kartu KIP cukup mudah. Langkah-langkah untuk mengunduh dan mencetak Kartu KIP Digital adalah sebagai berikut.

1. Yang pertama kali bapak/ibu lakukan adalah buka Portal SIPMA pada halaman https://pipmadrasah.kemenag.go.id/

2. Berikutnya adalah klik tombol login yang berada pada pojok kanan atas untuk masuk ke dalam halaman dashboar SIPMA.

3. Untuk login masukkan username NSM dengan password default NSM, untuk password sendiri nantinya dapat diubah oleh madrasah atau yang bersangkutan.

4. Jika sudah terbuka dashboard SIPMA, langkah berikutnya adalah Klik menu KIP Digital, kemudian cari tombol tahun untuk mencari penerima di tahun anggaran lainnya.

5. Cari nama siswa penerima PIP yang ingin diunduh/download Kartu KIP Digitalnya. Dengan cara Klik tombol Download yang ada di ujung kanan nama penerima PIP.

6. Muncul jendela yang menampilkan Kartu KIP Digital.  Klik tombol Download dipojok jendela tersebut untuk mendownload file KIP dalam format PNG (gambar).

7. Setelah terunduh file KIP dapat dicetak seperti biasa pada umumnya.

Bagi siswa yang menerima Program Indonesia Pintar / PIP maupun Madrasah tidak ada salahnya untuk mengunduh dan menyimpan KIP Digital yang telah disediakan oleh Portal SIPMA ini. 

Tentu saja dengan tersedianya fitur Cetak dan Unduh KIP Digital akan lebih memperlancar pengelolaan PIP di Madrasah maupun pertanggungjawaban pada saat pelaporan nantinya.

Itulah informasi mengenai Cara Cetak Kartu PIP (KIP) Digital Siswa Madrasah, semoga dapat menambah pengetahuan bapak/ibu sekalian. Terima Kasih.

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال