Cara Cek Sendiri NISN Siswa Secara Online Terbaru

cara cek nisn siswa dengan nama

Mediawana.com - Halo sobat media, gimana nih hari ini, baik? semoga saja selalu keadaan sehat ya. Admin ada informasi nih. Buat kalian yang mau mengecek NISN secara mandiri.

Keberadaan sistem NISN online tentu saja dibuat dengan suatu tujuan yaitu kemudahan dalam mencari Nomor Induk atau biasa kita kenal dengan NISN. Tapi selain fleksibilitas dan efisiensi, ada alasan lain yang melatarbelakanginya loh.

Apa saja? Yuk simak selengkapnya.

Verifikasi Siswa Secara Konsisten dan Berstandar

Indonesia merupakan negara dengan jumlah penduduk terbanyak loh, yaitu dengan urutan  ke-4 di dunia. Banyak yah, eitsh. Coba bayangkan bagaimana pemerintah mengelola Nomor Induk Siswa Nasional jika tidak ada sistem komputerisasi canggih yang telah terstandarisasi? 

Pastinya sangat sulit dan membosankan bukan, karena mulai dari siswa TK, SD, SMP, MA, SMA/SMK semua harus terdata dan terdaftar dengan baik, jelas dan wajib memiliki NISN.

Layanan NISN online memungkinkan pemerintah untuk mengelola nomor induk siswa dari data yang didistribusikan langsung oleh Pusat Data dan Statistika Kementerian Dinas Pendidikan secara nasional. 

Sistem yang digunakan adalah sistem komputerisasi daring tingkat tinggi yang memungkinkan pemerintah untuk mengelola dan memverifikasi seluruh siswa di nusantara (Indonesia).

Sistem Pendukung Program Dapodik

NISN daring dirancang juga sebagai atau termasuk bagian dari program Dapodik yang dicanangkan Kemendikbud. 

Sistem ini dibuat dengan standarisasi tinggi menggunakan pengkodean yang rumit. Jadi tidak semua orang bisa mengelola sistemnya dengan baik jika tidak memahami bagaimana cara mengelola kode.

Siswa yang menerima NISN biasanya diberikan kode identitas unik yang berlaku selamanya. Kode yang terdiri dari 10 digit angka di mana 3 digit pertama menandakan tahun kelahiran. Sementara 7 digit terakhir adalah kode unik. Bagaimana pemerintah membagikan kode unik yang berbeda untuk jutaan siswa di seluruh Indonesia? Wow bukan?

Fasilitas pembagian kode dilakukan dengan sistem otomatis oleh komputer.

Bagaimana jika ada siswa dengan tahun kelahiran yang sama?

Meskipun dilahirkan di tahun yang sama, antara satu siswa dengan puluhan siswa lainnya tidak akan memiliki nomor induk yang sama.

Jadi kode unik (NISN) dapat diartikan kode untuk hanya buat kamu loh, wah spesial yah.

Diawasi Oleh Staf Tenaga Informasi Berkompeten

cara cek nisn siswa dengan nama

Karena menggunakan sistem komputerisasi, pengelolaan website NISN daring harus diawasi dengan ketat dan fokus. Meskipun hanya terdiri dari informasi nama, tempat tanggal lahir , 

NISN dan jenis kelamin, semua data tersebut termasuk data rahasia yang tidak bisa disebarkan begitu saja. 

Utamanya, data-data siswa hanya diketahui oleh sekolah, orang tua siswa dan siswa itu sendiri.

Tidak perlu lama-lama langsung saja kita ke intinya, Panduan Mudah Cek NISN Secara Online.

Cek Melalui NISN

Saat memasuki situs referensi.data.kemdikbud.go.id/nisn/ secara otomatis, Kamu akan dibawa ke home page pencarian NISN. Kolom kosong tersebut bisa dimanfaatkan untuk mencari data NISN yang dimiliki oleh siswa. Berikut ini panduan lengkapnya:

Isi Formulir Dengan Tepat

Ketika memilih mencari data NISN berdasarkan pencarian NISN, data yang perlu diisi sangat singkat. 

Anda hanya perlu menuliskan Nomor Induk Siswa Nasional di kolom NISN yang dilanjutkan dengan menuliskan nama lengkap ibu kandungnya. Kedua persyaratan tersebut harus diisi dengan baik dan valid, tidak boleh ada salah angka atau huruf karena bisa mempengaruhi pencarian.

Salin Kode Captcha

Selesai menulis NISN dan nama ibu kandung lanjutkan dengan isi kode captcha. Salin kode captcha yang tertulis di atas kolom kosong dan terakhir klik “Cari Data”.

Jika data-data yang Anda masukkan sebelumnya sudah valid dan benar, otomatis sistem NISN akan mencari data NISN siswa yang bersangkutan dan membawa Kamu ke page yang baru.  Ketika data NISN siswanya muncul, segera salin data tersebut ke note atau buku Kamu.

Apakah nomor NISN SD SMP SMA sama?

Untuk nomor NISN pada siswa mulai dari SD hingga SMA susunanya sama alias tidak berubah dan tetap. 

Itulah kenapa nomor tersebut sering digunakan untuk mendaftar ke sekolah baru.

Tanpa adanya NISN maka siswa tidak bisa mendaftarkan diri karena itu adalah syarat utama yang harus dipenuhi. Oleh karena itu, kamu bisa mencatat baik-baik nomor tersebut atau jika lupa bisa kunjungi situs seperti yang tertera di atas.

Apakah nomor NISN dapat berubah?

Untuk nomor NISN tidak dapat berubah mulai dari siswa masuk ke jenjang pendidikan SD hingga lulus sekolahnya. Jadi nomor NISN sifatnya permanen dengan tujuan supaya setiap pindah sekolah tidak berubah.

NISN SD berlaku sampai kapan?

NISN yang telah dibuat sejak SD berlakunya seumur hidup selama siswa duduk dibangku sekolah. 

Jadi selama proses belajar-mengajar, siswa tidak perlu lagi mengganti nomor NISN baru saat daftar ulang.

Bagaimana dengan informasi tadi? semoga dapat membantu kamu menambah ilmu pengetahuan dan wawasan Cara Cek Sendiri NISN Siswa Secara Online Terbaru.


Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال