Keuntungan dan Risiko Investasi Saham

Keuntungan dan Risiko Investasi Saham

Mediawana.com - Investasi saham adalah salah satu kegiatan penanaman modal yang banyak diminati baik oleh remaja maupun orang tua. 

Investasi memberikan keuntungan keuangan bagi para investor, cara ini juga memberikan untung bagi perusahaan untuk mengelola bisnis mereka.

Investasi saham adalah salah satu kegiatan penanaman modal yang cukup menjanjikan dan memiliki return yang cukup tinggi.

Selain memberikan potensi keuntungan yang besar, investasi saham juga memiliki risiko. 

Salah satu diantaranya adalah potensi kerugian akibat pergerakannya sangat fluktuatif sehingga harga jualnya dapat bernilai rendah sewaktu-waktu. Itupun jika terjadi.

Berikut Keuntungan dan Risiko Investasi Saham yang wajib dipahami

Keuntungan Investasi Saham

  • Dapat Dijalankan Secara Fleksibel dan lebih santai
  • Kemudahan yang akan Anda dapatkan melalui investasi saham adalah pengoperasiannya dapat dilakukan secara online, mulai pembelian hingga penjualan sehingga tidak akan mengganggu pekerjaan utama Anda.
  • Potensi Capital Gain yang menjanjikan berupa keuntungan dari selisih antara harga jual dengan harga beli.
  • Dividen Saham Keuntungan selanjutnya dari investasi saham adalah investor akan memperoleh pembagian dividen, yaitu laba sesuai banyaknya modal yang ditanamkan.

Risiko Investasi Saham

Selain memberikan potensi keuntungan besar, investasi saham juga punya risiko. 

Salah satunya adalah potensi kerugian akibat pergerakannya sangat fluktuatif sehingga harga jualnya dapat merosot sewaktu-waktu.

Risiko lainnya yang akan adalah ketika perusahaan mulai bangkrut menurut putusan pengadilan sehingga harus dilikuidasi. 

Saat risiko itu terjadi, pemegang saham biasa hanya akan mendapat sisa harta perusahaan setelah semua kewajibannya dilunasi. 

Itupun jika Anda memegang predikat sebagai kreditur preferen.

Ada yang lain min? Masih ada satu lagi yaitu risiko lainnya adalah ketika perusahaan mengalami delisting atau artinya adalah dihapusnya dari bursa saham oleh BEI sehingga investor harus menjual semua sahamnya tidak peduli meskipun nilai jualnya sedang turun.

Tujuan Investasi Saham

Tujuan setiap orang saat menanamkan modal mereka pada perusahaan biasanya akan berbeda-beda sesuai target yang ingin mereka capai. 

Berikut ini adalah tujuan investasi saham.

  • Untuk mengembangkan aset karena modal yang kita setorkan akan dikelola perusahaan sehingga memungkinkan akan terus berkembang.
  • Menyiapkan dana tabungan untuk tujuan tertentu di masa depan.
  • Mencari penghasilan jangka panjang.
  • Untuk modal pengembangan usaha.

Itulah informasi Keuntungan dan Risiko Investasi Saham, Investasi saham adalah salah satu kegiatan penanaman modal yang banyak diminati baik oleh remaja maupun orang tua.

Investasi memberikan keuntungan keuangan bagi para investor, cara ini juga memberikan untung bagi perusahaan untuk mengelola bisnis mereka.

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال