Paleozoikum : Pengertian, Ciri-ciri Serta Pembagian Zamannya

Paleozoikum

Mediawana.com - Apa yang dimaksud dengan zaman Paleozoikum ?

Masa kehidupan di bumi dimulai sejak beratus juta tahun yang lalu, dimulai sejak pembentukan bumi, sampai mula munculnya kehidupan, hingga adanya kehidupan makhluk hidup secara lengkap.

{getToc} $title={Daftar isi}

Pengertian Zaman Paleozoikum

Zaman paleozoikum merupakan awal dari tiga era geologi pada zaman fanerozoikum. Zaman ini sudah ada sejak 541 juta sampai 252,17 juta tahun yang lalu. 

Istilah Paleozoikum sendiri diambil dari bahasa Yunani, yang artinya “palaios” yang dikenal dengan arti tua dan “zoe” yang artinya hidup. Jadi zaman paleozoikum itu dapat diartikan sebagai zaman kehidupan yang tua atau purba.

Pada zaman ini, keadaan di bumi masih belum stabil. Karena terjadi perubahan geologi dan iklim yang sangat cepat dan tidak menentu karena tenaga eksogen serta tenaga endogen yang mempengaruhi permukaan bumi.

Beragam spesies purba hidup di zaman ini. Ikan, reptil, amfibi, dan arthropoda semuanya berevolusi pada era paleozoikum.

Ciri-ciri Zaman Paleozoikum

Berikut adalah ciri-ciri dari zaman paleozoikum, yaitu.

  • Sudah mulai adanya kehidupan berupa mikroorganisme.
  • Keadaan bumi masih belum stabil.
  • Iklim masih berubah - ubah.
  • Curah hujan sangat besar.
  • Berlangsung sekitar 541 juta hingga 252,17 juta tahun yang lalu.

Pembagian Zaman Paleozoikum

Pada zaman Paleozoikum dibagi menjadi enam periode, yaitu periode kambrium, ordovisium, silur, devon, karbon, dan permian. Enam periode ini diurutkan berdasarkan dari yang paling tua sampai yang paling muda.

Periode yang ada pada zaman paleozoikum antara lain adalah

  • Kambrium
  • Ordovisium
  • Silur
  • devon
  • Karbon
  • Permian

Berikut adalah pembagian zaman Paleozoikum.

1. Periode Kambrium

Pada periode kambrium berlangsung mulai 541 juta hingga 485,4 juta tahun lalu. Fosil yang ditemukan pada umumnya berupa alga, cacing, koral, arthopoda, branchiopoda, chinodermata. Pada periode kambrium iklim disini cenderung panas dan makhluk hidup mulai menguasai daratan.

2. Periode Ordovisium

Pada periode Ordovisum, sesi ini berlangsung sekitar 485,4 juta hingga 443,8 juta tahun lalu. Pada periode Ordovisum sudah ditemukannya spesies ikan tanpa rahang yang merupakan vertebrata tertua.

3. Periode Silur

Pada periode Silur berlangsung sekitar 443,8 juta hingga 419,2 juta tahun yang lalu. Pada periode Silur ini tumbuhan darat mulai muncul dan ditemukan.

Semua ini dikarenakan benua terus mengalami pergerakan. Sehingga terbentuk laut dangkal yang luas di sepanjang paparan benua.

4. Periode devon

Periode devon diperkirakan terjadi pada 419, 2 juta hingga 358,9 juta tahun lalu. Pada periode ini hewan sudah mulai hidup di darat. Hewan darat yang pertama kali ditemukan ialah serangga. Mereka hidup dalam tumbuhan darat yang ditemukan di periode sebelumnya.

5. Periode Karbon

Pada periode ini sudah diperkirakan terjadi sekitar 358,9 juta sampai 298,9 juta tahun yang lalu. Pada periode Karbon ditemukan lapisan batu kapur di daratan Eropa.

6. Periode Permian

Periode Permian adalah periode akhir pada zaman paleozoikum. Yang diperkirakan berlangsung sekitar 298,9 juta hingga 252,2 juta tahun yang lalu. Pada periode Permian menurut para ahli dibagi menjadi tiga bagian, yaitu Cisuralian, Guadalupian, serta Lopongian yang terjadi perkembangan reptil mirip mamalia.

Dengan banyak membaca merupakan salah satu hal yang baik untuk menambah pengetahuan dan membuka informasi umum.

Itulah informasi mengernai Paleozoikum : Pengertian, Ciri-ciri Serta Pembagian Zamannya.

Baca Lainnya :


Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال