Apa itu Subrutin (Subroutine) Fungsi, Beserta Manfaatnya

Apa itu Subrutin (Subroutine)

Mediawana.com - Apa itu Subrutin (Subroutine)? Subrutin adalah salah satu teknik pemrograman untuk meningkatkan modularitas program yang akan dibuat. 

Subrutin dibagi menjadi dua jenis, yaitu subrutin yang mengembalikan nilai dan subrutin yang tidak mengembalikan nilai (Variabel). Dalam bahasa C++, kedua sub rutin tersebut dijadikan satu tetapi dapat diatur untuk dapat mengembalikan nilai ataupun tidak mengembalikan nilai (Variabel).

Tidak hanya C++ saja, ada juga Subrutin pada JAVA yang ditulis dalam bentuk metode, yang merupakan bagian dari sebuah kelas. 

Penggunaan metode pada JAVA ini membuat program menjadi sederhana atau simpel. Kode tidak perlu ditulis secara berulang atau berkali-kali jika terdapat keperluan yang sudah diambil dalam metode tersebut.

Apa yang dimaksud dengan subrutin?

Seperti yang sudah dibahas di atas, Subroutine merupakan salah satu bagian dari program yang diperuntukan untuk mengerjakan suatu tugas tertentu dan letaknya terpisah dari program yang memanggilnya. Jik dalam bahasa C sebuah subroutine adalah sebuah function.

Manfaat Subrutin

Manfaat Subrutin adalah untuk mempermudah dalam pengelolaan atau pengembangan program, dikarenakan setiap subrutin memiliki kode yang relatif sedikit jika dibandingkan dengan kode program secara keseluruhan yang disusun tanpa melibatkan subrutin.

Tujuan Subrutin

Tujuan penyusunan program yang terdiri dari sub-sub program adalah.

  • Agar lebih efisiensi
  • Lebih mudah dalam pembuatan program dan cepat dalam mengolahnya
  • Mudah dalam melacak kesalahan
  • Menghemat waktu 

Pada dasarnya “Subroutine dan Function” hampir sama, termasuk dalam Method, namun ada perbedaan yang terlihat diantara keduanya.

  • Function (Fungsi), merupakan metode yang memiliki nilai kembali jika metode tersebut dipanggil, cara pembuatan sebuah fungsi yaitu dengan cara menentukan nilai kembalinya menggunakan kata return terlebih dahulu, lalu berikutnya dapat membuat nama metode dan nilai pengembaliannya misalnya adalah string, byte atau lainnya.
  • Subroutine (Prosedur), merupakan metode yang tidak memilliki nilai kembali, cara pembuatan subroutine sama dengan function bedanya pada bagian nilai kembaliannya menggunakan kata void.

Dalam pemrograman komputer, subrutin merupakan sebuah sekuensi dari sebuah instruksi program yang menampilkan tugas secara spesifik sebagai sebuah unit. Unit ini yang nantinya dapat dipakai dalam program-program saat tugas tertentu harus ditampilkan.

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال